Soal Ujian Tengah Semester Genap Mahasiswa IKIP Budi Utomo

31 Desember 2009 at 1:49 am (Bahan Kuliah Mahasiswa Budi Utomo, Soal Ujian Tengah Semester Genap Mahasiswa IKIP Budi Utomo)

Soal Ujian Tengah Semester Genap 

Penulisan Berita dan Feature  

Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia 

IKIP Budi Utomo 2008/2009 

Dosen: Susandi, S.Pd, M.Pd. 


 

  1. Baca/tonton reportase berita tentang wafatnya KH. Abdurraman Wahid, kemudian tulislah sebuah berita pendek (jangan lupa memberikan judul) dari reportase tersebut dengan menggunakan bahasa anda sendiri minimal tiga paragraf.
  2. Baca/tonton reportase berita tentang tahun baru, kemudian tulislah sebuah berita pendek  (jangan lupa memberikan judul) dari reportase tersebut dengan menggunakan bahasa anda sendiri minimal tiga paragraf.
  3. Tulislah sebuah contoh lead pertanyaan dari topik berita berikut ini.

a.  Kasus Bank Century
b.  Gusdur Wafat
c.  Tahun Baru
 
Catatan:
  • Tugas diketik dengan menggunakan kertas ukuran A4, margin kiri 4 cm, margin kanan, atas, dan bawah 3 cm. Huruf Times New Roman ukuran 12.
  • Jangan lupa menuliskan Nama dan NIM.
  • Tugas dikumpul melalui email saja (karena masih banyak yang salah ketika mengirim lewat blok)su_sandi007@yahoo.co.id paling lambat tanggal 6 Januari 2010.
  • NB. Tidak boleh telat.
=   S e l  a m a t   B e k e r j a =
About these ads

19 Komentar

  1. susandi said,

    Sudah ada di blok saya ini. Anda cari di kategori Tugas Mahasiswa Budut.

  2. lidu laki nggela said,

    Nama : Lidu laki nggela
    Prodi : Bahasa dan Sastra Indonesia
    NPM : 2070630310023
    Angkatan : 2007/2008

    1.
    Wafatnya Mantan Presiden RI (ke-4)
    K.H. Abdurachman Wahid atau lebih dikenal dengan Gus Dur

    Gus Dur wafat rabu, 30 Desember 2009 lalu (18.45) di Rumah Sakit Cipto Mangunkosumo Jakarta. Menurut pernyataan tim dokter, penyebab kepergian Gus Dur dikarenakan komplikasi ginjal.

    Kepergian K.H. Abdurachman Wahid itu sendiri disaksikan langsung oleh presideden Susilo Bambang Yudoyono yang pada saat itu dengan tidak sengaja membesuk keadaan Gus Dur di RSCM. Itu terbukti bahwa meninggalnya Gus Dur pada pukul 18.45 karena yang ada pada saat Gus Dur meghembuskan nafas terakhir bukan hanya presiden SBY, melainkan adik kandungnya dari Gus Dur sendiri K.H Shalahudin Wahid akrabnya Gus Sholah .

    Duka tangis baik dari keluarga besar Almarhum maupuan masyarakat luas di Indonesia atas meninggalnya mantan Presiden RI. Jenasah Gus Dur disemayamkan dua kali, setelah dari RSCM Jakarta, jenasahnya dibawa di kediamannya di Ciganjur (Jakarta), kemudian dibawa ke Jombang ke sebuah pondok bersejarah peninggalan kakeknya, pondok pesantren Tebuirawang. Di pondok itulah Gus Dur dimakamkan, tempat pemakaman Gus Dur tidak jauh dari tempat pemakaman kakeknya.

    2.
    TAHUN BARU, HARGA BARU
    HARGA MOBIL NAIK 10 PERSEN

    Memasuki 2010 harga mobil bersiap-siap naik. Tingginya kenaikan ber macam- macam, btergantung pada jenis dan tipe mobilnya. Direktur pemasaran PT Toyota Astra Motor ( TAM ) Joko Tri Santoyo mengatakan, kenaikan harga pada pergantian tahun itu biasa terjadi. Seperti halnya diawal 2009, dimana Agen Tunggal Pemegang Merek ( ATPM) juga menaikkan harga mobil. Saat itu harganya dinaikkan karena perekonomian sedang krisis.

    Sebenarnya untuk tahun ini, tidak ada kebijakan dari ATPM untuk menaikkan harga. Kenaikkan harga mobil dilakukan oleh dealer yang menanggapi kebijakan pemerintah daerah yang menaikkan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKM) sekitar 10 persen.

    Sejauh ini kenaikkan yang sudah terjadi dipasaran berkisar antara 1 juta rupiah sampai 3 juta rupiah. Adapun Auto2000 selaku diler utama dan distributor Toyota telah mengumumkan secara resmi besarnya kenaikkan harga untuk seluruh model-modelnya, mulai 1,5 juta rupiah per unit hingga 13 juta rupiah per unit.

    3.
    a. KPK hingga saat ini belum memberikan secara jelas mengenai kasus Bank Century.
    Apakah KPK kali ini mempunyai jurus jitu dalam menangani Century?

    b. Dukungan kepada Gus Dur mengenai pemberian gelar pahlawan terus mengalir dari seluruh elemen masyarakat dan partai politik.
    Menurut pendapat anda, apakah seorang Gus Dur layak disebut sebagai Pahlawan?

    c. Memasuki tahun baru 2010, kenaikan harga mobil terus menanjak.
    Apakah dengan kenaikan harga mobil ini tidak akan berpengaruh terhadap kinerja penjualan secara nasional?

  3. lidu laki nggela said,

    MAKALAH

    Pokok-pokok Kajian Penulisan Berita

    Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Menulis Berita dan Feature Yang Dibina Oleh Bapak Susandi, S.Pd, M.Pd

    Oleh
    Kelompok III:
    Maria Sabina Wula Pae
    Lidu Lakinggela
    Evi Agustina
    Hernayati Desi

    INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
    BUDI UTOMO MALANG
    FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA
    PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
    ANGKATAN 2007/2008

    PEMBAHASAN

    Berita adalah laporan peristiwa yang bernilai jurnalistik atau memiliki nilai berita (News Values) Aktual, Faktual, Penting, dan Menarik. Berita disebut juga “Informasi Terbaru”. Berita juga dapat diartikan kisah atau kejadian atau peristiwa teranyar atau belum ditulis oleh orang lain yang terlebih dahulu harus diketahui sumber kebenarannya, narasumber, yang diperkirakan hangat dan ide dasarnya harus dapat menarik perhatian pembaca, mengandung nilai keunikan serta memiliki karakter yang tidak dapat dimiliki kisah lain.

    Dalam jurnalistik begitu banyak pengertian berita. Masing-masing orang memberikan definisi berita berdasarkan sudut pandang sendiri-sendiri dalam merumuskannya. Dalam buku Reporting, Mitchell V. Charnley menuliskan beberapa definisi berita: “Berita adalah segala sesuatu yang terkait dengan waktu dan menarik perhatian banyak orang, dan berita terbaik adalah hal-hal yang paling menarik yang menarik sebanyak mungkin orang untuk membacanya”. Ini definisi menurut Willard Grosvenor Bleyer.

    Menurut Chilton R. Bush, Berita adalah informasi yang “merangsang”, dengan informasi itu orang biasa dapat merasa puas dan bergairah. Sementara Charnley sendiri menyebutkan bahwa Berita adalah laporan tentang fakta atau pendapat orang yang terikat oleh waktu, yang menarik dan penting bagi banyak orang.

    Nilai Berita
    Nilai berita adalah seperangkat kriteria untuk menilai apakah sebuah kejadian cukup penting untuk diliput. Ada sejumlah faktor yang membuat sebuah kejadian memiliki nilai berita, 7 diantaranya adalah:

    1. Kedekatan (proximity). Ada dua hal tentang kedekatan. Pertama kedekatan secara fisik dan kedua kedekatan secara emosional. Orang cenderung tertarik bila membaca berita yang peristiwa atau kejadiannya dekat dengan wilayahnya, dan juga perasaan emosional berdasarkan ikatan tertentu.
    2. Ketenaran (prominence). Orang terkenal memang sering menjadi berita. Seperti kata ungkapan barat, Name makes news. Bintang film, sinetron, penyanyi, politisi ternama seringkali muncul di koran dan juga di televisi.
    3. Aktualitas (timeliness). Berita, khususnya straight news, haruslah berupa laporan kejadian yang baru-baru ini terjadi atau peristiwa-peristiwa yang akan terjadi di masa depan.
    4. Dampak (impact). Sebuah kejadian yang memiliki dampak pada masyarakat luas memiliki nilai berita yang tinggi. Semakin besar dampak tersebut bagi masyarakat, semakin tinggi pula nilai beritanya.
    5. Keluarbiasaan (magnitude). Sebenarnya hampir sama dengan dampak, namun magnitude di sini menyangkut sejumlah orang besar, prestasi besar, kehancuran yang besar, kemenangan besar, dan segala sesuatu yang besar.
    6. Konflik (conflict). Berita tentang adanya bentrokan, baik secara fisik maupun nonfisik, selalu menarik. Misalnya bentrokan antar manusia, manusia dengan binatang, antar kelompok, bangsa, etnik, agama, kepercayaan, perang, dsb.
    7. Keanehan (oddity). Sesuatu yang tidak lazim (unusual) mengundang perhatian orang di sekitarnya. Orang yang berdandan ekstrentrik, orang yang bergaya hidup nggak umum, memiliki ukuran fisik yang beda dengan yang lain pada umunya, cenderung jadi berita yang bernilai tinggi.

    Syarat Berita
    8. Fakta adalah kenyataan yang didapat dan dilihat di lapangan atau di tempat kejadian berita tersebut berlangsung, misalnya:
    - kejadian nyata
    - pendapat (opini) narasumber
    - pernyataan sumber berita
    Catatan : opini atau pendapat pribadi reporter yang dicampuradukkan dalam pemberitaan yang ditayangkan bukan merupakan suatu fakta dan bukan karya jurnalistik.

    9. Obyektif adalah sesuai dengan keadaan sebenarnya, tidak boleh dibumbui sehingga merugikan pihak yang dibeitakan. Reporter dituntut adil, jujur dan tidak memihak, apalagi tidak jujur secara yurudis merupakan sebuah pelanggaran kode etik jurnalistik.

    10. Berimbang adalah porsi sama, tidak memihak/ tidak berat sebelah. Reporter harus mengabdi pada kebenaran ilmu atau kebenaran berita itu sendiri dan bukan mengabdi pada sumber berita (check, re-check and balance) yang perlu didukung dengan langkah konfirmasi dari pihak-pihak yang terkait dalam pemberitaan.

    11. Lengkap adalah terkait dengan rumus umum penulisan berita yakni 5W+1H:
    1) What : peristiwa apa yang terjadi (unsur peristiwa)
    2) When : kapan peristiwa terjadi (unsur waktu)
    3) Where : dimana peristiwa terjadi(unsur tempat)
    4) Who : siapa yang terlibat dalam kejadian (unsur orang/manusia)
    5) Why : mengapa peristiwa terjadi (unsur latar belakang/sebab)
    6) How : bagaimana peristiwa tejadi (unsur kronologis peristiwa)

    12. Akurat adalah tepat, benar dan tidak terdapat kesalahan. Akurasi sangat berpengaruh pada penilaian kredibilitas media maupun reporter itu sendiri.

    Teknik Mencari dan Menulis Berita

    Teknik dalam mencari berita antara lain sebagai berikut:
    13. Observasi
    Secara sederhana observasi merupakan pengamatan terhadap realitas sosial. Ada pengamatan secara langsung, ada juga pengamatan tak langsung. Seseorang disebut melakukan pengamataan langsung bila ia menyaksikan peristiuwa dengan mata kepalanya sendiri. Pengamatan ini bisa dilakukan dalam waktu yang pendek dan panjang. Pendek artinya, setelah melihat sebuah peristiwa dan mencatat seperlunya, seseorang meninggalkan tempat kejadian untuk menulis laporan. Msalnya: peristiwa kecelakaan lalu lintas. Sedangkan panjang berarti seseorang berada di tempat kejadian dalam waktu yang lama. Bahkan ia menulis laporan dari tempat kejadian. Misalnya: peristiwa bencana alam.

    Seseorang disebut melakukan pengamatan tidak langsung bila ia tidak menyaksikan peristiwa yang terjadi, melainkanmendapatkan keterangan dari orang lain yang menyaksikan peristiwa itu. Misalnya: peristiwa penemuan mayat suami-istri di sebuah rumah. Si bujang mendapat informasi bahwa di jalan melati No.24 ditemukan mayat sepasang suami-istri. Ia bergegas ke daerah itu, sesampai di sana ia melihat sepasang mayat tersebut. Kalau ia kemudian mendapatkan data tentang siapa yang meninggal dunia, kapan dan kenapa meninggal dunia, data itu merupakan hasil pengamatan tidak langsung. Pengamatan di sini tidak sama persis dengan pengamatan seorang peneliti. Seorang peneliti melakukan pengamatan berdasarkan konsep dan hipotesis. Hasilnya, biasanya dilaporkan dengan disertai pemecahan masalah menurut mereka. Sedangkan seorang pekerja pers melakukan pengamatan untuk melaporkan kejadian sebuah peristiwa apa adanya.

    14. Wawancara
    Wawancara adalah Tanya jawab antara seorang wartawan dengan narasumber untuk mendapatkan data tentang fenomena (Itule dan Anderson 1987:184). Dalam hal ini, yang perlu diperhatikan adalah:

    Posisi narasumber dalam wawancara.
    Posisi narasumber dalam sebuah wawancara adalah ibarat posisi pembeli dalam sebuah transaksi dagang. Semua keinginan narasumber harus dipenuhi oleh wartawan. Karena itu, sebelum melakukan wawancara, wartawan harus menanyakan keinginan narasumber. Sebelum itu, wartawan harus memperkenalkan secara langsung jati dirinya dan untuk siapa ia bekerja kepada narasumber. Tahap-tahap ini, menurut prinsip etika jurnalistik yang umum.

    Terdapat beberapa hal mendasar yang perlu ditanyakan kepada narasumber, misalnya:
    - Apakah narasumber tidak keberatan bila kalimatnya dikutip secara langsung?
    - Apakah narasumber tidak berniat namanya dirahasiakan dalam sebagian hasil wawancara?
    - Apakah narasumber memiliki keinginan lain yang berkaitan dengan hasil wawancara?

    Bila wartawan sudah mengetahui jawaban ketiga pertanyaan ini ditambah dengan keinginan narasumber lain, maka terpulang kepada wartawan bersangkutan untuk segera memenuhinya atau bernegosiasi terlebih dahulu.

    Bernegosiasi dengan narasumber bukanlah pekerjaan yang haram. Wartawan boleh bernegosiasi tidak langsung di bawah tekanan pihak tertentu (ada dugaan wartawan yang handal sering melakukan negosiasi dengan narasumber). Kesempatan yang dicapai berdasarkan negosiasi, biasanya lebih memuaskan kedua belah pihak. Terlepas dari cara pencapaian kesepakatan, kesepakatan perlu dicapai sebelum melakukan wawancara (tidak ada salahnya wartawan juga merekam kesepakatan yang sudah dicapai. Rekaman tersebut bisa dijadikan bukti bila kelak ada pihak yang protes terhadap keberadaan wawancara tersebut).

    Teknik di dalam menulis berita antara lain sebagai berikut:
    1. Kejujuran: apa yang dimuat dalam berita harus merupakan fakta yang benar-benar terjadi. Wartawan tidak boleh memasukkan fiksi ke dalam berita.
    2. Kecermatan: berita harus benar-benar seperti kenyatannya dan ditulis dengan tepat. Seluruh pernyataan tentang fakta maupun opini harus disebutkan sumbernya.
    3. Keseimbangan:
    Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam keseimbangan berita antara lain:
    a. Tampikan fakta dari masalah pokok
    b. Jangan memuat informasi yang tidak relevan
    c. Jangan menyesatkan atau menipu khalayak
    d. Jangan memasukkan emosi atau pendapat ke dalam berita, tetapi ditulis seakan-akan sebagai fakta.
    e. Tampilkan semua sudut pandang yang relevan dari masalah yang diberitakan.
    f. Jangan gunakan pendapat editorial.
    4. Kelengkapan dan Kejelasan:
    Berita yang lengkap adalah berita yang memuat jawaban atas pertanyaan: who, what, why, when, where, dan how.
    5. Keringkasan: tulisan harus ringkas namun tetap jelas yaitu memuat semua informasi penting.

    Di sini dijelaskan struktur penulisan berita:

    Ada perbedaan besar dalam menulis naskah berita untuk didengar dan menulis untuk dibaca. Narasi berita televisi yang baik memiliki awal (pembuka), pertengahan, dan akhir (penutup). Masing-masing bagian ini memiliki maksud tertentu.
    1. Awal (pembuka).
    Setiap naskah berita membutuhkan suatu pengait (hook) atau titik awal yang memberikan focus yang jelas kepada pemirsa. Awal dari tulisan memberitahu pemirsa tentang esensi atau pokok dari berita yang mau disampaikan. Hal ini memberi suatu fokus dan alasan pada pemirsa untuk tertarik dan mau menyimak berita yang akan disampaikan.

    2. Pertengahan.
    Karena semua rincian cerita tidak bias dijejalkan di kalimat-kalimat pertama, cerita harus dikembangkan di bagian pertengahan naskah. Bagian tengah ini memberi rincian dari lead dan menjawab hal-hal yang ingin diketahui oleh pemirsa. Untuk memudahkan pemirsa dalam menangkap isi berita, sebaiknya kita membatasi diri pada dua atau tiga hal penting saja di bagian tengah ini.
    3. Akhir (penutup).
    Jangan akhiri naskah berita tanpa kesimpulan. Rangkumlah dengan mengulang butir terpenting dari berita itu, manfaatnya bagi pemirsa, atau perkembangan peristiwa yang diharapkan akan terjadi.

    Rumus 5C untuk penulisan berita di media TV:
    Conversational.
    Ketika menulis naskah berita untuk media televisi, kita menulis untuk didengar. Ingat, televisi adalah media audio-visual, bukan media cetak. Pemirsa kita melihat, bukan membaca naskah berita seperti membaca koran.

    Kelemahan media televisi adalah berita yang ditayangkan di layer televisi umumnya hanya muncul satu kali. Jika pemirsa tidak menangkap isi berita pada pertanyaan pertama, ia tidak punya peluang untuk minta diulang. Kecuali mungkin untuk berita yang dianggap sangat penting, sehingga dari waktu ke waktu selalu diulang dan perkembangannya di-update oleh stasiun TV bersangkutan.

    Clear.
    Batasi kalimat untuk satu gagasan saja. Hal ini akan memudahkan para pendengar untuk menangkap dan memahami isi berita. Jangan menggunakan bahasa jargon atau slang, yang hanya dikenal oleh kalangan tertentu. Hindari susunan kalimat yang rumit.

    Atribusi untuk narasumber disampaikan lebih dulu sebelun pernyataannya, dan bukan sebaliknya. Hal ini untuk menghindari kebingungan di pihak pemirsa, dalam membedakan mana narasi dari si-reporter dan mana opini dari narasumber. Ini bertolak belakang dengan praktik yang biasa dilakukan di media cetak.

    Jangan menggunakan terlalu banyak angka. Penyebutan angka-angka sulit ditangkap oleh pemirsa ketika mendengarkan berita. Buatlah angka itu mudah dimengerti. Jangan menempatkan angka di awal kalimat, karena bias membingungkan.

    Concise.
    Gunakan kalimat-kalimat yang bersifat pernyataan (deklaratif).
    Tulislah kalimat-kalimat yang pendek. Menurut hasli riset, kalimat pendek lebih mudah dipahami dan lebih kuat, ketimbang kalimat-kalimat panjang. Sebenarnya tidak aturan wajib tentang panjang kalimat yang dibolehkan. Namun, cobalah membatasi agar setiap kalimat yang ditulis tidak lebih dari 20 kata.

    Compelling.
    Tulislah dalam bentuk kalimat aktif. Para penulis berita menggunakan kalimat aktif karana lebih kuat dan lebih menarik. Selain itu, kalimat aktif juga lebih pendek dari padakalimat pasif.

    Cliché free.
    Kalimat atau pernyataan klise adalah yang sudah terlalu sering digunakan di media. Pernyataan klise mungkin tidak terlalu akurat dan salah arah, namun harus diakui banyak reporter merasa sulit menghindari pernyataan klise seperti ini.
    Contoh kalimat klise untuk penutup berita: “kasus itu masih dalam penyelidikan”. Kalimat klise seperti ini bisa dibilang tidak memberi informasi tambahan apapun kepada pemirsa.

    Maka, kalimat klise ini sebaiknya diganti dengan yang lebih informative, misalnya: “polisi sampai hari ini masih belum nengetahui penyebab kecelakaan. Polisi mengharapkan, hasil penyidikan akan dapat diungkapkan hari jumat besok. Reportese Trans TV akan melaporkan perkembangan ini untuk anda ”.

    Aturan-aturan Dasar:
    Ada aturan-aturan dasar dalam penulisan beritauntuk media televisi. Aturan ini bertujuan untuk membuat isi berita tersebut lebih mudah dipahami oleh pemirsa. Aturan ini juga akan membantu dan memudahkan presenter atau reporter di lapangan untuk membacakan berita tanpa kesalahan.

    Angka.
    Dalam penulisan angka, sebutkan jelas angka dari “satu” sampai “sebelas”. Lebih dari itu ditulis dalam bentuk angka: 12,14, 25, dan seterusnya.

    Untuk uang senilai Rp 145.325,50 tulis saja “seratus empat puluh lima ribu rupiah” atau “145 ribu rupiah.”

    Untuk menyebut tahun, sebut apa adanya, karena presenter akan dengan cepat memahami angka tahun, misalnya: 1998, 2007, dan seterusnya.

    Singkatan dan Akronim.
    Tuliskan dengan jelas singkatan sebagaimana anda ingin mendengarnya on air. Misalnya: ITB ditulis “I-T-B”.
    Jika suatu akronim sudah cukup dikenal, biarkan seperti apa adanya di naskah. Misalnya: NATO, OPEC, BAKIN, dan sebagainya.
    Namun, jika si reporter ragu pemirsa akan memahami singkatan atau akronim itu, gunakan saja kepanjangan lengkapnya. Hal itu lebih aman dan menghindarkan presenter dari kemungkinan membuat kekeliruan.

    Punctuation.
    Jangan gunakan punctuation dalam penulisan berita. Juga colon dan semicolon. Koma juga jarang digunakan dalam naskah untuk menandai jeda atau perubahan pemikiran. Presenter lebih suka menggunakan tiga titik (“…”) untuk menandai jeda, karena lebih mudah dibaca di alat TelePrompTer.

    Nama.
    Selalu gunakan nama dan gelar secara sederhana dan bertutur. Jika anda harus mengidentifikasi seseorang dengan gelarnya, tuliskan gelar itu di depan nama mereka, seperti ketika kita memberi atribusi. Kita bias menambahkan informasi identifikasi lain sesudah menyebut nama.

    Spelling.
    Salah menyebut kata atau salah mengeja bias terjadi pada presenter. Itulah sebabnya, sebelum tampil di layar TV, mereka memang sebaiknya membaca dulu naskah beritanya. Namun, sering hal ini tidak dilakukan karena berbagai sebab. Entah karena sekadar malas, atau memang berita ditulis dadakan. Untuk menghindari kekeliruan, reporter yang menulis berita perlu membantu presenter, tentang cara mengucapkan nama atau istilah tertentu yang tidak biasa.

    Grammar/ Tata bahasa.
    Tata bahasa yang buruk bias berdampak jelek pada penampilan presenter. Maka, periksalah sekali lagi naskah berita, untuk menghindari tata bahasa yang buruk, sebelum naskah itu diserahkan pada presenter.

    Lead yang menjual.
    Setiap berita harus dimulai dengan kalimat lead yang kuat. Lead yang paling efektif biasanya mengacu pada beberapa aspek dari berita, yang dianggap penting atau menarik bagi pemirsa. Aspek ini dinamakan “hook”. Kenali aspek dalam berita itu yang akan memancing perhatian pemirsa dan gunakanlah pada kalimat lead. Lead semacam itu akan memelihara tingkat perhatian dari pemirsa TV.

    Perencanaan Berita
    Dalam tahap ini redaksi melakukan rapat proyeksi, yakni perencanaan entang informasi yang akan disajikan. Dalam rapat inilah ditentukan jenis dan tema-tema tulisan atau berita yang akan dibuat dan dimuat, lalu dilakukan pembagiantugas diantara para wartawan.

    Sebuah program berita TV memerlukan perencanaan. Dan sebagian besar program berita televise diselesaikan dalam perencanaan. Berita atau feature tidak bias begitu saja diletakkan di segmen 1,2, atau 3 tanpa penjelasan dan alasan yang kuat. Seorang jurnalis di newsroom harus memiliki rencana yang menyeluruh. Harus ada keseimbangan antara berita, laporan, komentar, hiburan dan iklan. Idealnya sebuah berita harus terdiri dari beberapa bagian. Mungkin ada beberapa berita umum, nasional, lokal, internasional, dan feature. Perbedaan atau rubrikasi dalam program berita ini dilakukan untuk memudahkan pemirsa mendapatkan berita sesuai keinginannya.

    Mencari Bahan Berita
    Dewasa ini informasi merupakan “komoditas primer” yang menjadi kebutuhan banyak orang, seiring dengan semakin canggihnya teknologi komunikasi, sehingga lazim dikatakan peradaban masa kini merupakan peradaban masyarakat informasi. Kemajuan informasi juga membuat dunia jurnalistik berkembang pesat, sehingga muncul pendapat umum “siapa yang menguasai informasi menjadi penguasa di masa depan”. Hal itu menjadi sumber kekuatan baru masyarakat. Bukan lagi uang yang berada di segelintir orang, melainkan informasi di tangan banyak orang. Mengingat begitu pentingnya informasi, peran wartawan pun semakin penting. Hal tersebut dapat dilihat dari tugasnya menginformasikan dan melaporkan fakta-fakta dari suatu peristiwa, pendapat atau opini dari tokoh terkait, hingga menuliskannya dalam bentuk berita untuk dipublikasikannya. Apa yang dilakukan orang untuk membaca surat kabar, menonton TV, browsing internet dan mendengarkan radio adalah guna mencari informasi, yakni informasi yang cukup lengkap, sehingga memperoleh duduk perkara yang jelas.

    Fakta dan data itu harus memenuhi unsur berita: 5W+1H. Peristiwa yang diliput haruslah juga memiliki nilai berita, yakni: aktual, faktual, penting, menarik, unik, kedekatan, konflik/pertentangan, dampak dan seks. Peristiwa atau kejadian itu sendiri umunya terbagi dua, yaitu:
    1. peristiwa yang terjadwal; seperti HUT, 17 Agustus, jumpa pers, seminar, deklarasi.
    2. peristiwa tidak terduga: seperti kebakaran, kecelakaan, kriminalitas dan bencana alam.
    Dalam melakukan peliputan, media biasanya menugaskan wartawannya mengacu dalam dua cara, yaitu Beat System dan Follow-up System.

    Dalam Beat System, cara peliputan melalui wartawan yang berada di bidang liputannya masing-masing. Sedangkan Follow-up System berupa tindak lanjut atau berita pengembangan. Dalam meliput, wartawan juga harus memperhatikan hal-hal:
    Ø Kode etik jurnalistik: mengarahkan wartawan jadi professional.
    Ø Cover Both Side/ News Balance: agar wartawan bertindak adil, tidak berat sebelah atau tendensius.
    Ø Cek-Ricek: meneliti kebenaran data berulang kali sebelum menuliskannya.
    Ø Doktrin Kejujuran: mendapatkan berita secara benar lebih penting dari pada menjadi orang pertama yang menyiarkannya.

    Menulis Naskah Berita
    Hal-hal lain yang juga diperhatikan dalam menulis naskah dan berita radio adalah:
    - Jangan menggunakan kalimat majemuk
    - Jangan menggunakan kata-kata negative
    - Jangan menggunakan kalimat pasif
    - Jangan terlalu banyak menggunakan angka-angka, apalagi angka yang rumit. Jika terpaksa harus disederhanakan dengan menggunakan kata “sekitar, berkisar, antara, kurang lebih, dan lain sebagainya”.
    - Jangan terlalu banyak menggunakan singkatan
    - Jangan terlalu banyak memakai istilah asing
    - Untuk memudahkan penyiar/ newscaster, tulis nama, angka atau istilah dalam bahasa asing sesuai cara bacanya. Misalnya: 270 ditulis dua ratus tujuh puluh. Writer ditulis wraiter, dll.
    - Biasanya pangkat/ title/ gelar tidak perlu digunakan, kecuali jika memang terkait erat dengan isi berita
    - Ingat, satu berita satu cerita, satu kalimat satu ide
    - Biasakan membuat lead atau kepala berita yang bias menarik perhatian pendengar
    - Durasi berita jangan terlalu banyak.

    Menyunting Berita (Editing)
    Di balik sebuah tulisan yang enak dibaca terdapat editor (redaktur) yang hebat. Di balik best seller pastilah ada editor yang hebat pula. Ringkasnya, tidak ada penulis yang bisa bekerja tanpa editor yang baik. “No writer can work without a good editor”.

    Editor adalah orang yang bekerja di belakang layer. Dia menyeleksi dan memperbaiki naskah sebelum dipublikasikan. Di media massa, editor adalah hati nurani media, menyelaraskan sebuah naskah dengan visi, misi, dan rubrikasi media. Secara teknis, ia tegas dalam penggunaan huruf besar dan singkatan, penggunaan gelar, tanda baca, ejaan, tata bahasa, pemilihan jenis huruf untuk judul dan sebagainya.

    Editing adalah pekerjaan intelektual dan teknis. Intelektual karena ia membutuhkan wawasan memadai untuk validasi fakta dalam sebuah naskah. Teknis karena ia membutuhkan kecermatan dalam pemilihan kata, kalimat, dan tanda baca. Dengan intelektualitas dan kemampuan teknis, editor menjadikan sebuah naskah menjadi hebat, layak siar, layak muat, enak dibaca, serta mudah dicerna pembaca.

    Editing efektif membutuhkan intelijensia, empati, fleksibilitas, kepercayaan diri, kemampuan untuk bereksperimen, ketajaman, ketelitian, kesabaran, guna membantu penulis dalam mencapai tujuannya.

    Deskripsi Kerja
    Tugas editor adalah editing- mengedit, menyunting, yakni proses penentuan, seleksi, dan perbaikan (koreksi) naskah yang akan dimuat atau dipublikasikan.

    Di media massa, editing adalah tugas redaktur. Dalam proses penulisan berita, editing merupakan bagian dari aktivitas pengolahan hasil liputan (news processing) setelah melewati tahap news planning (perencanaan berita), news gathering (peliputan peristiwa di lapangan), dan news writing (penulisan bahan-bahan berita menjadi sebuah tulisan berita).
    Tujuan Editing
    Memperbaiki struktur kalimat yang ruwet agar lebih alncar dan komunikatif,
    Menjaga agar isi naskah dapat dipertanggungjawabkan, sesuai dengan visi dan misi redaksi, serta menarik perhatian pembaca / audience.
    Menyesuaikan naskah dengan gaya media bersangkutan, standar bahasa serta kelayakan naik cetak (fit to print) atau kelayakan siar (fit to broadcast).

    Detil Editing: Teknis
    Mencari kesalahan-kesalahan factual dan memperbaikinya, di antaranya kekeliruan salah tulis tentang nama, jabatan, gelar, tanggal peristiwa, nama tempat, alamat, dan sebagainya.
    Memperbaiki kesalahan dalam penggunaan tanda baca.
    Tegas dalam hal-hal seperti penggunaan huruf besar dan singkatan, penggunaan gelar, tanda baca, ejaan, tata bahasa, pemilihan jenis huruf untuk judul, dsb.
    Mengetatkan tulisan atau menyingkat tulisan sesuai dengan ruang yang tersedia, termasuk membuang atau memotong (cutting) paragraph yang tidak penting.
    Mengganti kata atau istilah yang tidak memenuhi prinsip ekonomi kata.
    Melengkapi tulisan dengan bahan-bahan tipografi, seperti anak judul (sub judul), di mana diperlukan.
    Menulis atau menentukan judul dan lead atau teras berita jika dipandang perlu.
    Di eberapa surat kabar, editing juga termasuk menulis caption (keterangan gambar) untuk foto dan pekerjaan lain yang berhubungan dengan cerita yang disuting itu.

    Detil Editing: Non-Teknis
    Memperhatikan apakan naskah berita sudah memenuhi nilai-nilai jurnalistik dan criteria layak muat-aktual, faktual, penting, dan menarik.
    Meneliti apakah naskah berita sudah menaati doktrin kejujuran (fairness doctrine) serta asas keberimbangan (over both side). Jika belum, tugaskan kembali reporter untuk memenuhinya.
    Memperhatikan apakah opini, interpretasi, atau penilaian wartawan lebih menonjol daripada fakta hasil liputan.
    Menjaga jangan sampai terjadi kontadiksi dalam sebuah naskah.
    Menjaga jangan sampai penghinaan, arti ganda, dan tulisan yang memuakkan (bad taste).
    Sadar mengenai sifat-sifat umum tentang umur, taraf hidup, dan gaya hidup para pembaca utama korannya, dan menyuting naskah sesuai dengan sifat umum tersebut.
    Memperbaiki tulisan opini (artikel) dengans segala upaya tanpa merusak cara penulisnya menyatakan pendapatnya. Karenanya, redaktur harus membaca lebih dahulu seluruh cerita / naskah untuk mendapatkan pengertian penuh tentang apa yang berusaha dikatakan oleh si penulis.
    Menjaga masuknya iklan terselubung sebagai berita.
    Dengan demikian. Editing tidaklah semata-mata memotong (cutting) naskah agar sesuai atau pas dengan kolom yang tersedia, akan tetapi juga membuat naskah enak dibaca, menarik, dan tidak mengandung kesalahan factual. Ia mengubah redaksional naskah tanpa mengubah makna atau substansinya. Jika perlu, editor melakukan penulisan ulang (rewriting).

    Kelengkapan Editor
    StyleBook-buku pedoman gaya bahasa khas media tempat editor bekerja.
    Kamus bahasa.
    Kamus singkatan (akronim).
    Peta.
    Buku biografi tentang tokoh-tokoh ternama.
    Ensiklopedi
    Buku telefon
    Buku atau koleksi ucapan atau pepatah terkenal.

    Syarat Editor
    Dikemukakan mantan Pemimpin Harian Times London, Harold Evans, dalam buku Newsman’s English:
    Berwawasan luas.
    Berkepala dingin.
    Sanggup bekerja dalam suasana tergesa-gesa dan rumit tanpa menderita perasaan tertekan.
    Cermat, hati-hati, tekun.
    Tegas.
    Melihat dari sudut pandang pembaca.

  4. andriyono said,

    Nama : Andriyono

    Npm : 2070630310005

    prodi : Bahasa Indonesia

    Tugas :
    1. Baca/tonton reportase berita tentang wafatnya KH. Abdurraman Wahid, kemudian tulislah dengan menggunakan bahasa anda sendiri berita pendek dari reportase tersebut minimal tiga paragraf.
    Jawaban :
    Pembersihan Nama Baik Gus Dur
    Di tengah semangat untuk memberikan gelar pahlawan untuk Gus Dur, juga muncul desakan agar pemerintah membersihkan nama presiden keempat itu. Pembersihan nama baik dari kasus bulog dan Brunei dinilai jauh lebih penting dari pada pengajuan gelar pahlawan.
    Syafi’i yang juga mantan wartawan menilai kasus Bulog dan Brunei hanya alat yang digunakan politisi untuk menjatuhkan Gus Dur dari kursi kepresidenan. Kenyataanya Gus Dur tidak terbukti melakukan sangkaan yang dilakukan lawan politiknya.
    Menurut syafi’i pembersihan nama baik Gus Dur dinilai penting, karena Gus Dur merupakan tokoh yang telah membela Pancasila. Apalagi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga mengatakan bahwa Gus Dur adalah Bapak Pluralisme Indonesia. ”Bagi kami (komunitas lintas iman), Gus Dur telah menjadi pahlawan kami. Kami juga yakin beliau menjadi pahlawan di hati masyarakat banyak”,kata Syafi’i

    2. Baca/tonton reportase berita tentang tahun baru, kemudian buatlah berita pendek dengan menggunakan bahasa anda sendiri dari reportase tersebut minimal tiga paragraf.
    Malam Tahun Baru Hangat Bersama Peterpan

    Grub Band Peterpan tampil sangat mengesankan saat meramaikan malam pergantian tahun di Bandung, Jumat (1/1). Menurut salah satu penggemar, nyaris semua mata terbelak menyaksikan penampilan Grub Band yang penggemarnya mayoritas kaum hawa itu.

    Ditambah lagi Malam itu, Ariel Voklis dari Peterpan mengajak salah satu dari sekian ribu penonton untuk naek keatas panggung, ikut bernyanyi bersama, Walhasil, membuat suasana kian tmbah histeris.

    Tepuk tangan dan teriakan-teriakan penonton seakan menjadi pembenaran bahwa penampilan sang Pangeran dengan kostum yang sama dari semua personelnya, bahkan di bawah rintik hujan, memang sangat menghibur. Bahkan, Dj Rianti dan Gading yang memandu acara pun mengutarakan kesan positifnya.

    3. Tulislah sebuah contoh lead pertanyaan dari topik berita berikut ini.
    a. Kasus Bank Century
    Sanggupkah Kpk Mengusut Tuntas Kasus Bank Century ? KPK membuktikan keseriusannya dalam mengusut kasus dugaan penyimpangan dana talangan Bank Century, lembaga itu memeriksa mantan sekretaris KSSK (Komite Stabilitas Sistem Keuangan) Raden Pardede.
    b. Gusdur Wafat
    Dari mana saja para peziarah Gus Dur ? Para peziarah dari luar Kota Jombang berdatangan ke areal pemakaman sejak subuh. Di antaranya, ratusan santri dari Pondok Pesantren Sunan Kesek, Magelang, Jawa Tengah. Mereka sengaja berziarah pada hari ketiga ini, karena mereka tidak bisa memasuki lokasi pemakaman Gus Dur pada hari pertama. Diperkirakan, para peziarah akan terus berdatangan dari luar kota hingga hari ketujuh nanti.
    c. Tahun Baru
    Dimana anda akan merayakan malam tahun baru ? Candi Borobudur yang terletak di kota Jogjakarta akan menjadi sebagai salah satu pilihan masyarakat untuk menghabiskan waktu demi pergantian malam tahun baru.

  5. Ignasius Juma said,

    NAMA : IGNASIUS JUMA
    NPM : 2070630310014
    JURUSAN : BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
    ANGKATAN : 2007-2008

    Soal
    1.Baca atau tonton reportase berita tentang wafatnya KH. Abdurrahman Wahid, kemudian tulislah dengan menggunakan bahasa anda sendiri berita pendek dari reportase tersebut minimal tiga paragraf
    2.Baca atau tonton reportase berita tentang wafatnya KH. Abdurrahman Wahid, kemudian tulislah dengan menggunakan bahasa anda sendiri berita pendek dari reportase tersebut minimal tiga paragraf
    3.Tulislah sebuah contoh Lead pertanyaan dari topik berita berikut ini :
    a.Kasus Bnak Century
    b.Wafatnya Gusdur
    c.Tahun Baru

    1.Berita wafatnya Gus Dur
    Wafatnya Mantan Presiden RI (ke-4)
    K. H. Abdurrachman Wahid atau lebih akrabnya Gus Dur

    Gus Dur wafat Rabu, 30 Desember 2009 lalu pukul 18.45 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo Jakarta. Kepergian K. H. Abdurachman Wahid disaksikan langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang tidak sengaja tengah membesuk keadaan mantan Presiden Gus Dur tersebut.
    Hal itu terbukti karena yang ada di Rumah Sakit ketika Gus Dur menghembus nafas terakhir juga adik kandungnya K. H. Sholahudin Wahid alias Gus Sholah. Kepergian mantan Presiden Gus Dur diduga kekurangan darah tetapi belum bisa dipastikan sementara itu pada kenyataannya dikarenakan komplikasi ginjal.
    Duka yang mendalam, baik dari keluarga besar Almarhum maupun masyarakat bangsa Idonesia atas kepergian yang tiba-tiba. Jenazah Gus Dur disemayamkan dua kali. Setelah dari RSCM Jakarta jenazah Almarhum dibawa di kediamannya di Ciganjur (Jakarta) kemudian ke Jombang di sebuah Pondok Pesantren Tebuireng atau Pondok bersejarah peninggalan Kakeknya. Dan di situlah jenazah Almarhum K. H. Abdurachman Wahid (Gus Dur) dimakamkan. Almarhum dimakamkan di dekat pemakaman kakekya.

    2.Berita Tahun Baru

    Momentum Tahun Baru

    Tahun baru merupakan hal yang menjadi sutu tradisi bagai masyarakat dunia untuk dirayakan. Banyak masyarakat yang mencoba untuk meluangkan waktunya untuk merayakan pergantian tahun bersama keluarga. Dan masyarakat pada umumnya banyak yang memilih untuk perayaan tahun baru ini dipuncak dan tempat-tempat keramaian. Namun moment-moment yang seperti itu dapat merekatkan rasa kebersamaan pada keluarga.
    Moment yang paling menegangkan dan berkesan pada perayaan tahun baru adalah pada saat penghitungan detik-detik pergantian tahun. Disitulah moment yang paling berkesan yang dirasakan oleh masyarakat. Menurut mereka detik-detik pergantian tahun adalah detik dimana mereka melepaskan hari-hari dan kenangan-kenagan yang pahit pada tahun-tahun sebelumnya dan menuju ke tahun yang baru, dimana mereka akan melakukan aktivitas-aktivitas dan melakukan suatu perubahan-perubahan dalam hidup yang baru pula. Yang mungkin pada tahun-tahun kemarin perbuatan-perbuatan yang tidak pantas dilakuakan akan dirubah untuk menuju yang lebih baik lagi dan mencoba untuk meninggalkan hal-hal yang jelek itu.
    Dan setelah pergantian tahun itulah mereka memulai kehidupan yang baru dan yang lebih baik lagi. Dan kehidupan pada tahun-tahun sebelumnya yang salah akan mereka jadikan suatu pelajaran untuk kehidupan yang akan datang bagi mereka. Dan awal tahun inilah segala sesuatu yang akan mereka lakukan akan lebih terarah dan akan lebih baik dari pada tahun-tahun sebelumnya.

    3.Lead Berita
    a)Lead Kasus Bnak Century
    Sekandal Bank Century Melibatkan Pejabat
    Terkait dengan sekandal Bank Century, beberapa pihak meminta Budiono dan Sri Mulyani dinonaktifkan. Apakah ada Undang-Undang yang mengatur penon-aktifan pejabat yang terlibat kasus?

    b)Wafatnya Gusdur
    Tim Dokter Klarifikasi Wafatnya Gus Dur
    Meninggalnya Gus Dur masih menyisakan tanda tanya besar. Tim dokter diminta mengklarifikasi sehubungan dengan SMS yang beredar bahwa Gus Dur mati dibunuh. Sebenarnya apa penyebab kematian Gus Dur?

    c)Tahun Baru
    Pedagang Terompet Kebanjiran Rejeki
    Pergantian tahun membawa rejeki tersendiri bagi beberapa orang. Akankah tahun baru ini pedagang terompet kebanjiran rejeki?

  6. Muhamat Arifin said,

    Nama : Muhamad Arifin
    NIM : 2070630310029
    Prodi : Bhs Indonesia (2007)

    1.Berita wafatnya Gus Dur

    Aksi Duka Cita Warga Tioghoa

    Duka cita yang mendalam atas wafatnya Abdurrahman Wahid disikapi warga dengan menggelar aksi di Bunderan Gladak. Aksi duka cita, yang berlangsung Kamis (31/12) siang ini diikuti berbagai kalangan masyarakat, termasuk warga etnis Tionghoa.
    Dalam aksi duka cita ini, ratusan warga berkumpul di seputaran Bunderan Gladak. Termasuk warga etnis Tionghoa, yang merasa berhutang budi atas jasa besar Gus Dur dalam mengangkat harkat dan martabat mereka, yang mengalami diskriminasi di era pemerintahan Orde Baru.
    “Aksi ini sebagai bentuk penghormatan atas jasa Gus Dur bagi warga minoritas,” jelas Aji Chandrayang dari etnis Tionghoa, dikutipkan dari SCTV terkait aksi yang dilakukan. Bahkan, warga etnis Tionghoa di Solo, tambah Aji, juga mempersembahkan karangan bunga yang dibawa oleh sepasang barongsay.
    Aksi duka cita untuk Gus Dur ini juga menampilkan sejumlah foto mantan presiden ke-4 RI, yang juga disebut sebagai bapak bangsa, dipampang di bawah patung Slamet Riyadi, di Bunderan Gladak.

    2.Berita Tahun Baru

    Meriahnya Tahun Baru Alun-alun malang

    Setiap liburan, ruang terbuka di pusat kota biasanya diserbu warga. Begitu juga dengan alun-alun di Kota malang, Jawa Timur. banyak warga memanfaatkan tempat tersebut untuk menikmati libur awal tahun ini.

    Alun-alun juga menjadi satu dari tiga titik malam perayaan tahun baru yang ditetapkan Pemerintah Kota malang. Namun dibandingkan dengan Balai kotai atau lapangan Rampal, alun-alun terlihat lebih lumayan rameh. Menurut saya, Alun-alun malang sudah tak senyaman dulu. Penyebabnya karena kurang dirawat, masalah kebersihan, serta kacaunya penempatan pedagang-pedagang kaki lima.

    Padahal Alun-alun malang terletak di lokasi strategis yakni diapit Gedung bupati dan dan mol Ramayana. Banyak gedung-gedung lainya seperti ratu dan lain-lain di sekitarnya sehingga pemkot setempat bisa memanfaatkan nilai historis ini untuk menarik minat warga dan wisatawan untuk berkunjung.

    3.Lead Berita
    a. Kasus Bank Century
    Komisi pemberantsan korupsi (KPK) menjanjikan pengusutan kasus dana talang (Bailout) bank Century tim Kpk akan berdatangan kepada pemeriksa keuangan (BPK) untuk mengklarifikasikan Sembilan temuan dalam penyelidikan skandal senilai Rp 6,5 triliun tersebut.

    b. Wafatnya Gus Dur
    Berita duka menyelimuti bangsa Indonesia, setelah mantan Presiden Abdurrahman Wahid yang akrab disapa Gus Dur, Rabu sekitar pukul 18.40 WIB, meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, karena sakit.Bukan saja warga Nahdlatul Ulama (NU), seluruh rakyat Indonesia merasa kehilangan dengan wafatnya tokoh ormas Islam terbesar di Indonesia itu.

    c. Tahun Baru
    Malam tahun baru merupakan malam yang ditunggu-tunggu oelh masyrakat untuk merayakan pergantian tahun. Dengan mengadakan acara-acara hiburan yang diselenggarakan pamarentah kab.Malang seperti acara di Balai Kota, alun-alun, dan acara yang sangat menghiburkan acara pesta kembang api.

  7. Ignasius Juma said,

    NAMA : IGNASIUS JUMA
    NPM : 2070630310014
    JURUSAN : BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
    ANGKATAN : 2007-2008

    Soal
    1.Baca atau tonton reportase berita tentang wafatnya KH. Abdurrahman Wahid, kemudian tulislah dengan menggunakan bahasa anda sendiri berita pendek dari reportase tersebut minimal tiga paragraf
    2.Baca atau tonton reportase berita tentang wafatnya KH. Abdurrahman Wahid, kemudian tulislah dengan menggunakan bahasa anda sendiri berita pendek dari reportase tersebut minimal tiga paragraf
    3.Tulislah sebuah contoh Lead pertanyaan dari topik berita berikut ini :
    a.Kasus Bnak Century
    b.Wafatnya Gusdur
    c.Tahun Baru

    Wafatnya Mantan Presiden RI (ke-4) K. H. Abdurachman Wahid atau lebih akrabnya Gusdur

    Gusdur wafat Rabu, 30 Desember 2009 lalu pukul 18.45 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo Jakarta. Kepergian K. H. Abdurachman Wahid disaksikan langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang tidak sengaja tengah membesuk keadaan mantan Presiden Gusdur tersebut.
    Hal itu terbukti karena yang ada di Rumah Sakit ketika Gusdur menghembus nafas terakhir juga adik kandungnya K. H. Sholahudin Wahid alias Gus Sholah. Kepergian mantan Presiden Gusdur diduga kekurangan darah tetapi belum bisa dipastikan sementara itu pada kenyataannya dikarenakan komplikasi ginjal.
    Duka yang mendalam, baik dari kelurga besar Almarhum maupun masyarakat bangsa Idonesia atas kepergian yang tiba-tiba. Jenazah Gusdur disemayamkan dua kali. Setelah dari RSCM Jakarta jenazah Almarhum dibawa di kediamannya di Ciganjur (Jakarta) kemudian ke Jombang di sebuah Pondok Pesantren Tebuireng atau Pondok bersejarah peninggalan Kakeknya. Dan di situlah jenazah Almarhum K. H. Abdurachman Wahid (Gusdur) dimakamkan. Almarhum dimakamkan di dekat pemakaman kakekya.

    KASUS BANK CENTURY
    Dalam dekade terakhir kasus Bank Century telah membuming dan menjadi suatu topik yang menarik untuk dipecahkan dan diperbincangkan. Atas kasus Bank Century ini banyak sekali pejabat-pejabat negara yang terseret kedalamnya. Mulai dari wakil presiden hingga menteri keuangan pun terseret dalam kasus ini. Banyak yang mempertanyakan akan kejelasan kasus Bank Century ini karena dapat kita lihat bahwa banyak sekali tokoh-tokoh politik yang mulai masuk dalam kasus yang rumit ini. Dan hasil dari audit yang dilkukan oleh BPK telah jelas bahwa ada permainan politik dalam kasus ini. Dan yang paling menjadi fenomena adalah dikait-kaitkannya dana kampanye SBY-Budiono dengan kasus Bank Century ini. Namun isu itu masih belum jelas dan masih hanya menjadi sebuah isu.

    Dari dinonaktifkannya Budiono dan menteri keuangan Sri muliyani telah jelas bahwa dalam ranah politik banyak terdapat mafia-mafia hukum yang sangat melekat pada hukum negara kita yaitu negara Indonesia. Namun yang paling membuat kita sebagai masyarakat kecewa adalah keputusan dari presiden Negara Republik Indonesia yaitu Susilo Bambang Yudhoyono yang menyatakan bahwa kasus ini ditutup dan masalah dananya akan diganti dengan menggunakan Khas negara atau APBN. Dan kita ketahui bahwa uang atau dana yang dipakai untuk menalangi Bank Century adalah uang yang bersumber dari rakyat yang diantaranya kita masyrakat kecil. Disitu jelas bahwa keadilan sangatlah tipis dinegara kita ini.
    Dari keputusan presiden inilah yang menyebabkan masyarakat gerah kepada keputusan yang diambil oleh presiden. Dan kini banyak masyarakat yang memprotes keputusan presiden mulai dari kalangan rakyat biasa hingga mahasiswa yang merupakan agen pembaharuan yang sekarang mereka mulai menyuarakan suara rakyat. Mereka menuntut bahwa presiden kita yang sekarang yaitu Susilo Bambang Yudoyono harus dilengserkan dari jabatannya.

    Tahun Baru

    Tahun baru merupakan hal yang menjadi sutu tradisi bagai masyarakat dunia untuk dirayakan. Banyak masyarakat yang mencoba untuk meluangkan waktunya untuk merayakan pergantian tahun bersama keluarga. Dan masyarakat pada umumnya banyak yang memilih untuk perayaan tahun baru ini dipuncak dan tempat-tempat keramaian. Namun moment-moment yang seperti itu dapat merekatkan rasa kebersamaan pada keluarga.
    Moment yang paling menegangkan dan berkesan pada perayaan tahun baru adalah pada saat penghitungan detik-detik pergantian tahun. Disitulah moment yang paling berkesan yang dirasakan oleh masyarakat. Menurut mereka detik-detik pergantian tahun adalah detik dimana mereka melepaskan hari-hari dan kenangan-kenagan yang pahit pada tahun-tahun sebelumnya dan menuju ke tahun yang baru, dimana mereka akan melakukan aktivitas-aktivitas dan melakukan suatu perubahan-perubahan dalam hidup yang baru pula. Yang mungkin pada tahun-tahun kemarin perbuatan-perbuatan yang tidak pantas dilakuakan akan dirubah untuk menuju yang lebih baik lagi dan mencoba untuk meninggalkan hal-hal yang jelek itu.
    Dan setelah pergantian tahun itulah mereka memulai kehidupan yang baru dan yang lebih baik lagi. Dan kehidupan pada tahun-tahun sebelumnya yang salah akan mereka jadikan suatu pelajaran untuk kehidupan yang akan datang bagi mereka. Dan awal tahun inilah segala sesuatu yang akan mereka lakukan akan lebih terarah dan akan lebih baik dari pada tahun-tahun sebelumnya .

  8. Maria Magdalena Titiningrum said,

    Tugas : Menulis Berita dan Feature
    Nama : Maria Magdalena Titiningrum
    NIM : 2070630310031
    Prodi : Bahasa dan Sastra Indonesia 2007

    1.Berita kematian Gus Dur
    Menantu Gus Dur Curiga
    Layar Monitor Perwatan Gus Dur sempat Mati

    Dhohir Farisi, menantu KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Berencana segera menemui tim dokter Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta guna meminta penjelasan secara rinci mengenai proses penanganan medis selama Gus Dur dalam perawatan, terutama menjelang wafatnya Gus Dur.
    Menurut Dhohir, klarifikasi diperlukan agar pihak keluarga tidak ada keraguan sedikitpun terkait sebab-sebab kematian Gus Dur. Menyusul beredarnya SMS gelap yang dikirim kesejumlah kerabat Gus Dur, yang isinya menyebut Gus Dur meninggal karena dibunuh.
    Dalam proses wawancara kemaren (4/1), Dhohir Farisi mengakui sebelumnya dirinya juga agak curiga dengan proses wafatnya Gus Dur. Kecurigaan itu, karena layar monitor CCTV yang digunakan Shinta Nuriyah untuk memantau keadaan Gus Dur di ruang perawatan sempat mati, pada saat suaminya itu dalam kondisi kritis.
    Dhohir bertanya pada tim dokter, mengapa monitor CCTV mati. Dokter menjawab pihaknya butuh aliran listrik untuk perawatan medis yang digunakan untuk operasi Gus Dur. Dokter juga menggambarkan bagaimana Gus Dus meninggal. Dari keterangan tim dokter Dhohir menyatakan tidak meragukan proses wafatnya Gus dur. Hanya saja guna lebih menyakinkan dirinya serta keluarga Gus Dur. Dhohir perlu segera menemui tim dokter RSCM,” Rencananya usai tujuh hari meninggalnya Gus Dur, yakni kamis (7/1) lusa saya ke Jakarta guna menemui tim dokter,” jelas Dhohir.

    2.Berita tahun baru
    Tahun Baru Awal Resolusi

    Pergantian tahun selalu menjadi peristiwa yang tak ingin dilewatkan semua warga Indonesia. Pergantian tahun ini tentu diwarnai perayaan yang lebih meriah dibandingkan perayaan tahun baru Hijriyah, Imlek, dan tahun baru lainnya. Di Indonesia tahun baru Masehi menjadi major celebration dan tahun baru lainnya menjadi minor celebration .
    Prof Mulyadi Kartanegara, Guru Besar Filsafat Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta mengatakan pergantian tahun yang ditandai satu kali peredaran matahari mengitari bumi menandakan ketidakabadian sekaligus keabadian. Dikatakan ketidakabadian atau kefanaan karena terdapat perubahan. “Pergantian tahun merupakan bukti bahwa segala sesuatu di dunia ini tidak abadi,” katanya, Jakarta, Kamis (31/12) petang.
    Karena itu, jika manusia ingin memaknai tahun baru yang penting, menurut Mulyadi dalam merayakan “Manusia tidak mungkin kembali ke masa lalu, tapi bisa belajar dari masa lalu,” imbuhnya. Dalam bahasa lain, tahun baru merupakan momentum resolusi untuk masa depan. Semua orang bercita-cita baik di tahun lalu dan tahun depan.
    Untuk itu, 2010 harus dijadikan momentum resolusi mewujudkan cita-cita yang belum teraih di 2009. Kalau belum memiliki cita-cita, mantapkanlah cita-citanya dan bagaimana cara menggapainya. “Jika tidak ada cita-cita hidup ini tidak bermakna, dan tidak akan ada perjuangan,” pungkasnya.

    3.Lead Berita
    a.Kasus Bank Centuri
    Kasus Bank Century dan Politik
    Kasus Bank Century menjadi topik terhangat baik dikalangan ekonom maupun politikus, karena kasus Bank Century merupakan kasus besar yang berdampak besar pada kondisi politik dan ekonomi. Lalu bagaimana penyelesaian kasus Bank Century ini?

    b.Wafatnya Gus Dur
    Dokter Perlu Jelaskan Kematian Gus Dur
    Beberapa hari pasca wafatnya Gus Dur, beredar SMS yang menyebutkan kematian Gus Dur tak wajar. Tim Dokter diminta untuk menjelaskan kematian Gus Dur yang sebenarnya untuk mengkalrifikasi isi SMS itu. Benarkah manta presiden RI ini wafat karena di bunuh?

    c.Tahun Baru
    Tahun Baru Momentum Resolusi
    Pergantian tahun menandakan tentang ketidakabadian karena segala sesuatu tunduk kepada gerak dan kehancuran. Apakah perubahan itu mampu menjadi momentum melakukan resolusi?

  9. Ratnawati said,

    Nama: Ratnawati
    NMP : 2070630310039
    Prodi : Bahasa & Sastra Indonesia/ 2007

    1.Berita KH. Abdulrrahman Wahid (Gus Dur)

    BERIKAN GELAR KEPAHLAWANAN GUS DUR

    Dukungan terus mengalir dari masyarakat ataupun kalangan politik di Negeri kita, guna mendesak pemerintah untuk segera memberikan gelar ’’Pahlawan Nasional“ kepada mantan presiden RI yang ke-4 yaitu KH. Abdurrahman Wahid atau lebih akrab disapa Gus Dur. Gus Dur dirasa pantas mendapatkan gelar tersebut karena beliau sangat berjasa kepada bangsa Indonesia. Terutama memperjuangkan demokrasi dan pluralisme.
    Hingga saat ini, sikap pemerintah belum memperlihatkan keseriusan dalam pemberian gelar tersebut. Sehingga banyak masyarakat dan kalangan politik yang menyayangkan sikap pemerintah dengan tidak segera memberi gelar “Pahlawan Nasional“ kepada Gus Dur. Seharusnya tanpa disuruh pun pemerintah sudah memberikan penghargaan atas jasa-jasa beliau.
    Dukungan itu juga diperkuat dari partai PDIP dan Amin Rais (PAN). Malahan Amin mengatakan ”bahwa tidak perlu lagi diperdebatkan masalah pemberian gelar pahlawan nasional kepada Gus Dur, karena sudah jelas bahwa gelar tersebut memang pantas diberikan mengingat jasa-jasa Gus Dur selama ini”.
    Sementara dari pihak keluarga besar Gus Dur, juga memberikan dukungan untuk pemberian gelar kepahlawanan tersebut. Mereka pun berharap pemberian gelar itu segera diberikan sebelum tanggal 10 November yakni sebelum hari yang diperingati sebagai peringatan hari pahlawan.

    2.Berita Perayaan Tahun Baru

    REJEKI DITAHUN BARU

    Tahun baru masih terhitung beberapa hari lagi, tapi pemandangan di tempat-tempat umum atau pun di pinggir-pinggir jalan raya sudah dihiasi dengan pedagang khas yang muncul pada tahun baru tersebut. Terompet yang menjadi ciri khas dipergantian tahun sudah banyak dijajakan, itu terlihat dari sepanjang jalan Ijen dan samping stadion Gajahyana sudah dipadati oleh pedagang musiman itu.
    Terompet yang dijual beraneka ragam bentuk dan modelnya, ada yang berbentuk kepala naga, kerucut dan sebagainya. Pedagang juga membuat ukuran terompet itu dengan berbagai macam ukuran mulai dari yang paling kecil bahkan sampai ukuran terompet yang besar, harganya berkisar dari Rp. 2.500 hingga yang tertinggi Rp.200 ribu.
    Walaupun mereka sudah berjualan sebelum Natal, dan mereka sudah menjadi pedagang musiman selama kurang lebih delapan tahunan. Hal ini dilakukannya karena penghasilan yang diperoleh masih tidak dapat mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, apalagi keuntungan yang diperoleh dari berjualan terompet cukup menggiurkan.

    3.Lead pertanyaan
    a.Bank Century
    Perkembangan Kasus Bank Century
    Kasus bank century menjadi topik terhangat baik dikalangan ekonom maupun politikus, karena kasus bank century merupakan kasus besar yang berdampak besar pada kondisi politik dan ekonomi. Presiden mendukung pengusutan tuntas kasus Bank Century dan tidak ingin merugikan negara. Lalu bagaimana perkembangan dari kasus bank century ini?

    b.Wafatnya KH. Abdulrrahman Wahid

    BERIKAN GELAR KEPAHLAWANAN GUS DUR

    Dukungan terus saja mengalir dari masyarat atau pun kalangan politik di Negri. Mereka juga mendesak pemerintah untuk segera memberikan gelar ’’Pahlawan Nasional“ kepada mantan presiden RI yang ke-4 itu yaitu KH. Abdurrahman Wahid atau lebih akrab disapa Gus Dur. Namun, pemerintah tidak segera memberikan gelar “Pahlawan Nasional“ kepada Gus Dur. Mengapa pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada Gus Dur terkesan alot?

    c.Perayaan Tahun Baru

    Tahun Baru Heboh Bersama Tahura Executive Club

    Perayaan Tahun Baru di Jakarta akan diadakan kolaborasi DJ asal Jakarta dan DJ Lokal, ditambah lagi penampilan sexy para dancer dari Jakarta. Selain itu untuk menyambut pergantian tahun, pengunjung tidak perlu membawa terompet, sebab dari menajemen sendiri sudah menyiapkan terompet tahun baru tersebut. Bagaimanakah kemeriahan Tahun Baru di Jakarta dengan adanya kolaborasi DJ Jakarta dan DJ Lokal?

  10. Ummul B. said,

    m’f pak saya lupa ngasik judul beritanya, baru kebaca lagi ma soal dari bapak.! gak pa2 ya pak…….!!!!!

  11. Anas Nafi' R said,

    Nama: Anas Nafi’ Rachmadhana

    Mengenang Perjalanan Hidup Gus Dur

    Kiai Haji Abdurrahman Wahid yang sering dikenal dengan nama Gus Dur adalah salah satu tokoh nasional yang banyak mewarnai perjalanan bangsa Indonesia. Cucu ulama besar KH Hasyim Asy’ari tersebut pernah menjabat Ketua Nahdlatul Ulama (NU). Gus Dur pula yang mendirikan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di era reformasi. Gus Dur meninggal dunia, Rabu (30/12/2009), sekitar pukul 18.45 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) setelah sempat dirawat beberapa hari dan menjalani cuci darah. Gus Dur meninggalkan seorang istri Shinta Nuriyah dan empat orang anak masing-masing Alissa Qotrunnada Munawaroh, Zanuba Arifah, Anita Hayatunnufus, dan Inayah. Perjalanan hidupnya dimulai di Jombang, Jawa Timur, tempat kelahirannya pada 4 Agustus 1940. Ia menjalani pendidikan sekolah dasar di Jakarta sejak tahun 1953 dan melanjutkan ke SMEP di Yogayakarta tahun 1956. Kemudian, Gus Dur melanjutkan pendidikan di pesantren Tambakberas Jombang pada tahun 1963. Gus Dur juga sempat mengenyam pendidikan di – Universitas Al Azhar, Department of Higher Islamic and Arabic Studies, Kairo dan Fakultas Sastra, Universitas Baghdad, Irak pada tahun 1970 namun tak sempat menyelesaikan.

    Selepas itu, Gus Dur berkarir menjadi guru dan dosen selama bertahun-tahun. Gus Dur menjadi Guru Madrasah Mu’allimat, Jombang (1959 – 1963), Dosen Universitas Hasyim Asyhari, Jombang (1972-1974), Dekan Fakultas Ushuluddin Universitas Hasyim Asyhari, Jombang dan (1972-1974). Kemudian Gus Dur juga aktif di pesantren menjadi Sekretaris Pesantren Tebuireng, Jombang (1974 – 1979) dan menjadi konsultan di berbagai lembaga dan departemen pemerintahan pada tahun 1976. Selanjutnya, Gus Dur menjadi pengasuh Pondok Pesantren Ciganjur, Jakarta sejak tahun 1976 hingga sekarang. Di organisasi Nahdlatul Ulama, Gus Dur menjadi anggota Syuriah Nahdlatul Ulama tahun 1979- 1984. Ia juga menjabat Ketua Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk empat periode. Masing-masing 1984-1989, 1989-1994, dan1994 – 1999, dan 2000-2005.

    Sementara di bidang pemerintahan, Gus Dur pernah duduk di lembaga legislatif maupun eksekutif. Ia menjadi anggota MPR dari utusan golongan selama dua periode. Masing-masing periode 1987-1992 dan 1999-2004. Karir politik tertinggi menjadi Presiden RI selama 2 tahun 1999-2001. Gus Dur dikenal sebagai tokoh kerukunan umat beragama bahkan cukup kontroversial karena menjadi anggota Dewan Pendiri Shimon Peres Peace Center, Tel Aviv, Israel. Ia pernah menjadi Wakil Ketua Kelompok Tiga Agama yaitu Islam, Kristen dan Yahudi yang di bentuk di Universitas Al Kala, Spanyol, Pendiri Forum 2000 (Organisisasi yang mementingkan Hubungan Antaragama). Ia juga pernha menjabat Ketua Dewan Internasional Konferensi Dunia bagi Agama dan Perdamaian (World Conference on Religion and Peace-WCRP), Italia tahun 1994. Gus Dur juga pernah Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) Dewan Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (TIM) periode 1983-1985. Meski mengalami penurunan kemampuan melihat, Gus Dur dikenal masih suka membaca melalui suido book bahkan sampai menjelang akhir hayatnya. Ia juga dikenal produktif menulis artikel dan buku.

    Gus Dur juga banyak mendapat penghargaan seperti gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Jawaharlal Nehru, India, Bintang Tanda Jasa Kelas 1, Bidang Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan dari Pemerintah Mesir, Pin Penghargaan Keluarga Berencana dari Perhimpunan Keluarga Berencana I, Ramon Magsaysay, Bintang Mahaputera Utama dari Presiden RI BJ Habibie, Gelar Doktor Honoris Causa, Bidang Perdamaian dari Soka University Jepang ( 2000 ), Global Tolerance Award dari Friends of the United Nations, New York ( 2003 ), World Peace Prize Award dari World Peace Prize Awarding Council (WPPAC), Seoul, Korea Selatan ( 2003 ), Presiden World Headquarters on Non-Violence Peace Movement ( 2003 ), Penghargaan dari Simon Wiethemtal Center, Amerika Serikat ( 2008 ), Penghargaan dari Mebal Valor, Amerika Serikat (2008), Penghargaan dan kehormatan dari Temple University, Philadelphia, Amerika Serikat, yang memakai namanya untuk penghargaan terhadap studi dan pengkajian kerukunan antarumat beragama, Abdurrahman Wahid Chair of Islamic Study (2008).

    Perayaan Tahun Baru di Berbagai Negara Meriah
    Pergantian tahun menjadi peristiwa yang tak ingin dilewatkan warga di berbagai penjuru dunia. Auckland, ibukota Selandia Baru, misalnya, menjadi salah satu kota yang pertama kali mengalami pergantian tahun. Berpusat di Sky Tower, puluhan ribu warga menyaksikan pesta kembang api yang dinyalakan tepat pukul 00.00 waktu setempat. Bergeser ke Australia, acara puncak pergantian tahun juga diwarnai gemerlap kembang api berwarna-warni di atas Harbour Bridge dan gedung Opera House. Gelaran yang berlangsung sekitar 12 menit ini disaksikan lebih dari satu juta warga Negeri Kanguru.

    Sementara di Hongkong, semarak kembang api menghiasi puluhan gedung bertingkat di sekitar pelabuhan Victoria. Sedangkan di Taipei, Taiwan, warga juga antusias menyaksikan pancaran kembang api yang menghiasi langit kota itu. Sedangkan di Seoul, Korea Selatan, warga menanti detik-detik pergantian tahun dengan menyaksikan pentas seni tradisional. Dari Tokyo, Jepang, puluhan ribu orang yang memadati Menara Tokyo melepaskan balon ke udara sebagai tanda harapan akan kebaikan di tahun baru. Sementara di Kuil Zojoji, pergantian tahun dirayakan secara khidmat sambil mendengarkan dentang lonceng sebanyak 108 kali. Berlanjut perayaan Tahun Baru di Beijing, Cina, puluhan ribu warga memadati arena pusat perbelanjaan untuk menyambut tahun baru. Sedangkan di Manila, Filipina, selain pesta kembang api, warga berkumpul bersama menyantap berbagai hidangan tradisional.

    Sebuah parade kostum digelar di Jalan Romanesti, sekitar 300 kilometer dari ibukota Bucharest, Rumania. Ritual ini dipercaya dapat menolak bala dan mendatangkan kebaikan. Keceriaan sambut tahun baruan dirasakan warga di Moskow, Rusia. Semangat mereka tak kendur meski diselimuti suhu dingin yang mencapai minus 10 derajat Celcius. Begitu juga di New York, Amerika Serikat. Kendati udara dingin menusuk tulang, tak menyurutkan warga berduyun-duyun mendatangi alun-alun Times Square. Beberapa jam jelang Tahun Baru di Johannesburg, Afrika Selatan, warga berpawai di mana acaranya difokuskan pada tema final Piala Dunia 2010 yang akan berlangsung Juni-Juli nanti. Lain lagi di Paris, Prancis. Warga kota menyerbu pasar-pasar tradisional untuk memburu keperluan malam Tahun Baru di rumah. Mereka biasanya berburu lobster, tiram, kalkun atau ayam, serta sebotol anggur atau sampanye untuk hidangan tahun baru.

    Lead pertanyaan kasus Bank Century
    Sebenarnya bagaimana postur Bank Century ini dan kenapa desebut perampokan?

    Lead pertanyaan Gus Dur wafat
    Gus dur selama hidup begitu banyak orang yang mendekat kepadanya, sebagai media membangun citra dan ajang komoditas politik, lalu apakah kemudian setelah wafatnya gus dur masih harus mengalami hal yang sama ?

    Lead pertanyaan Tahun baru
    Haruskah kita merayakan Tahun baru dengan meriah dan hura-hura di saat kondisi Negara yang kian terpuruk ini?

  12. PAULINA NURHAYATI said,

    NAMA : PAULINA NURHAYATI
    NPM : 2070630310024

    1. Berita tentang wafatnya KH. Abdurrahman Wahid
    Selamat malam pemirsa jumpa lagi dengan saya Paulina Nurhayati dalam fokus malam.Pemirsa, mantan Presiden Indonesia, KH. Abdurrahman Wahid atau sering disapa dengan panggilan Gusdur meninggal dunia. Gusdur dipastikan meninggal dunia, Rabu (30/12) pukul 18.45 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo (RSCM) setelah dirawat selama hampir sepekan. KH. Abdurrahman Wahid dikenal sebagai tokoh yang memiliki banyak julukan. Beliau adalah seorang kiai dan tokoh Nahdlatul Ulama (NU). Beliau juga seorang politisi. Beliau juga sering disebut sebagai guru bangsa.Tidak hanya keluarga yang merasa kehilangan tetapi seluruh masyarakat indonesia pun mengaku sangat kehilangan sosok yang dikenal sangat peduli dengan keberagamaan dan pluralisme.
    Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan rasa belasungkawa yang mendalam atas wafatnya mantan Presiden Abdurrahman Wahid yang akrab disapa Gus Dur. Pernyataan Jusuf Kalla tersebut disampaikan melalui layanan pesan singkat (SMS) yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu malam. Jusuf Kalla saat ini berada di Australia bersama keluarganya sejak Minggu (27/12) malam, untuk berlibur. Dalam pesan singkatnya, Jusuf Kalla menyatakan turut berduka cita dan mendoakan agar amal ibadah dan pengabdiannya diterima Allah SWT serta ditingkatkan derajatnya di sisi-Nya.
    Gusdur dimakamkan dijombang pada tanggal 31 Desember 2009. Sebelum bertolak ke Jakarta Jumat siang keluarga KH Abdurrahman Wahid menggelar tahlil dan doa bersama di makam Gusdur, seusai tahlilan istri Gus Dur, Sinta Nuryah dan tiga orang putrinya langsung bertolak ke Jakarta, sementara Yeni Wahid bersama suaminya memutuskan untuk tetap tinggal di Jombang hingga tujuh hari pasca Gus Dur wafat.Inayah adik Yeni Wahid mengaku ayahnya adalah sosok yang luar biasa.
    Selamat Jalan Gus Dur, Kiai, Cendekiawan, Politisi, dan Guru Bangsa. Kami akan selalu mengenang jasa-jasamu. Semoga diterima semua amal baik beliau dan diampuni segala dosa-dosanya.Demikian fokus malam saya Paulina Nurhayati undur diri dari hadapan anda.

    2. Berita tentang Tahun Baru
    Selamat malam pemirsa jumpa lagi dengan saya Paulina Nurhayati dalam fokus malam.Pemirsa Letusan kembang api warna-warni menghiasi langit Jakarta yang cerah. Pengunjung pun berteriak penuh suka cita menyaksikan pemandangan yang menakjubkan selama kurang lebih 10 menit tersebut.
    Begitulah suasana meriah menyambut Tahun Baru 2010 di Pantai Karnaval, Ancol, Jakarta Utara (Jakut). Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo (Foke) dan sejumlah jajarannya hadir di acara tersebut. Tampak pula Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Wahyono berdiri di atas panggung.

    Para pejabat dan sejumlah artis pendukung yang ada di atas panggung kemudian saling mengucapkan selamat Tahun Baru sambil bersalam-salaman. Sedianya Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo akan mempersembahkan sebuah lagu berjudul ‘Jangan Menyerah’ milik grup band D’Masiv, namun batal. Tidak berlama-lama, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo kemudian meninggalkan lokasi acara. Pengunjung pun kemudian dihibur dengan aksi musikal artis-artis ibu kota.Dijadwalkan, acara tersebut akan berlangsung sampai pukul 02.00 WIB.
    Sementara di Surabaya kebiasaan masyarakat yang hobi makan di luar, ini terliahat dengan naiknya tingkat available sead (ketersediaan kursi) food & beverage (F&B) antara 30 – 80 persen di 19 hotel berbintang di Surabaya. Executive Director Surabaya Tourism Promotion Board (STTB)Yusak Anshori mengatakan, moment Tahun Baru ini benar-benar dimanfaatkan masyarakat Surabaya untuk berjalan- jalan keliling kota. Bahkan tak sedikit orang yang rela pindah tidur alias ke hotel, demi menyambut Tahun Baru.
    Demikian fokus malam, saya Paulina Nurhayati beserta kru yang bertugas undur diri dari hadapan anda.

    3. Lead Pertanyaan
    a. Kasus Bank Century
    Ada kasus tentang Bank Century.Apakah kasus bank century disebabkan oleh krisis ekonomi?Mantan Wapres Jusuf Kalla mengatakan, kasus Century bukan disebabkan oleh krisis ekonomi, tetapi kasus kriminal yang dibiarkan berlarut-larut sehingga merugikan keuangan negara. Masalah Bank Century itu merupakan kasus “perampokan”, karena dilakukan oleh pemegang saham dan anggota direksi dengan cara mengambil uang nasabah, termasuk menerbitkan obligasi bodong.

    b. Gusdur Wafat
    Ada berita tentang KH. Abdurrahman Wahid wafat. Apa penyebab meninggalnya KH. Abdurrahman Wahid ? Asisten pribadi KH. Abdurrahman Wahid (Sulaeman) mengatakan Gusdur meninggal akibat penyakit ginjal yang di deritanya selama ini.

    c. Tahun Baru
    Ada berita tentang Tahun Baru.Apa kebiasaan masyarakat Surabaya dalam rangka menyambut Tahun Baru?Executive Director Surabaya Tourism Promotion Board (STTB)Yusak Anshori mengatakan, moment Tahun Baru ini benar-benar dimanfaatkan masyarakat Surabaya untuk berjalan- jalan keliling kota. Bahkan tak sedikit orang yang rela pindah tidur alias ke hotel, demi menyambut Tahun Baru.

  13. Erwinda Sukma Safitri said,

    UJIAN AKHIR SEMESTER
    Mata Kuliah Berita dan Feature
    Dibina oleh Bapak Susandi, S. Pd, M. Pd

    Oleh
    Erwinda Sukma Safitri
    NPM. 207 06 303 10007

    Berita tentang wafatnya Gus Dur.

    Gus Dur Sandang Gelar Pahlawan Nasional

    Abdurrahman Wahid atau Gus Dur adalah mantan presiden RI ke-4. Beliau menjabat mulai 20 Oktober 1999 hingga 24 Juli 2001. Sang Guru Bangsa adalah putra pertama dari enam bersaudara. Beliau dilahirkan di Desa Dananyar, Jombang, Jawa Timur, pada 4 Agustus 1940. Namun, sehari menjelang tahun 2010, beliau kembali ke rahmatullah pada Rabu 30 Desember 2009 pukul 18.45 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.
    Gus Dur dianggap sebagai salah seorang guru bangsa, beliau dinilai banyak berjasa bagi bangsa. Oleh karena itu, masyarakat mengusulkan kepada pemerintah agar memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada Gus Dur. Gus Dur memang layak diberi gelar Pahlawan Nasional. Karena segala ilmu, bakti, dedikasi dan pengorbanan untuk bangsa tak terhitung dengan jari.
    Menteri Sosial (Mensos) Salim Segaf Al Jufri mengatakan bahwa beliau sudah mendapat informasi terkait aspirasi masyarakat untuk memberikan gelar pahlawan nasional kepada Gus Dur. Mensos juga sangat setuju dengan usulan masyarakat ini. Namun beliau menjelaskan bahwa pemberian gelar pahlawan nasional pada seseorang tidaklah mudah. Pertama harus menyetorkan draf-draf yang menunjukkan bahwa orang tersebut banyak berjasa pada bangsa. Namun, menurut Mensos kalau masalah pengurusan draf jasa-jasa Gus Dur pasti mudah dan cepat. Kata Mensos, “nanti kalau saya sudah menerima drafnya, secepatnya akan saya laporkan kepada Presiden.” Jadi, gelar pahlawan nasional bagi Gus Dur sudah di depan mata, tinggal menghitung waktu.

    Berita tentang Tahun Baru 2010

    Pelangi di Malam Tahun Baru
    Malam hari tanggal 31 Desember 2009 pukul 00.00 WIB, Kota Malang bertabur cahaya purnama berpelangi. Hampir seluruh warga Kota Malang turun ke jalan, sorak sorai tiupan terompet menyambut pergantian tahun. Gegap gempita warga Malang hidupkan malam yang biasa sunyi sepi. Nyalakan beraneka macam bentuk kembang api.
    Jalan-jalan protokol di Malang penuh sesak sepeda motor beriringan menuju pusat kota. Beberapa warga sengaja bermalam di hotel berbintang hanya untuk merayakan tahun baru 2010. Tahun yang dikenal dengan tahun macan, yang diharapkan akan membawa semangat baru bagi warga Malang dan bangsa ini. Bagai macan yang mencari buruan dengan penuh strategi dan trik yang terbaik agar berhasil menerkam buruan dengan tepat.
    Joni, salah satu warga Malang ketika ditanya tentang apa yang dilakukan waktu malam tahun baru, Joni mengatakan bahwa dia tidak turun ke jalan karena di depan rumahnya daerah Jalan Mayjen Panjaitan bawah dekat tugu UKS, sudah penuh sesak sepeda motor yang akan menuju pusat kota. Karena macet, akhirnya berhenti semua dan tepat pukul 00.00 WIB mereka menyalakan kembang api mulai yang kecil sampai paling besar. Dia cukup melihat dari teras atas rumah gemerlapnya langit berhiaskan pelangi. Joni pun mengaku kalau dia memotret kembang api yang indah itu. Meriahnya perayaan tahun baru 2010, semoga membawa dampak yang baik bagi kehidupan warga Malang setahun ke depan.

    Contoh Lead Pertanyaan.
    a)Kasus Bank Century
    Jika pengawasan Bank Indonesia dan Lembaga Pengawas Perbankan (LPP) bekerja optimal, maka kemungkinan besar tidak akan ada “drama” Century seperti saat ini. Karena sebenarnya, permasalahan sudah muncul ketika Bank Century ini terbentuk dari merger 3 bank yang bermasalah pada tahun 2004. Namun, diakhir tahun 2008, kolaps-nya Bank Century akhirnya tidak dapat ditutupin lagi. Permasalahan Century, siapakah yang diuntungan?
    b)Gus Dur Wafat
    Keberanian Gus Dur dalam menembus batas-batas tabu diplomasi dan politik di Indonesia menjadikan sosok Gus Dur memiliki nilai lebih. Peran-peran Gus Dur yang menjadi presiden di berbagai komunitas dunia yang bergerak dibidang pluralisme, HAM dan demokrasi patut disejajarkan dengan peraih nobel lainnya. Benarkah itu? Ataukah masih sebuah wacana?

    c)Tahun Baru
    Ramalan di tahun 2010 banyak hal yang akan terjadi, menurut berbagai versi peramal. Banyak kabar yang tidak mengenakkan untuk didengar, tentang apa yang akan terjadi di tahun 2010. Mulai dari isu perang dunia ke 3 sampai ke isu mengenai kejahatan dunia maya. Benarkah tahun 2010 adalah kiamat? Bagaimanakah ramalan-ramalan di tahun 2010?

  14. Nur Saichudiniyah said,

    Nama : Nur Saichudiniyah
    Jurusan : Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia 2007
    Nim : 2070630310035

    BERITA DAN FEATURE

    1.Berita tentang wafatnya KH. Abdurrahman Wahid Hasyim:
    2.Berita tentang Tahun Baru 2010
    3.Contoh lead Berita dari:
    Kasus Bank Century
    Gus Dur wafat
    Tahun Baru

    Jawaban soal nomer 1:
    KH. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, telah wafat Rabu (30/12), pukul 18:45, di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. Menurut Ketua Tim Dokter, dr. Yusuf Misbach, Gus Dur meninggal setelah menderita berbagai penyakit. “Kondisi kesehatan beliau memburuk berkaitan dengan penyakit diabetes, ginjal, stroke, dan jantung,” kata Yusuf Misbach, di Gedung RSCM. Kepergian mantan presiden ke-4 RI ini diiringi isak tangis keluarga, kerabat, dan jutaan masyarakat Indonesia. Termasuk warga nahdliyin, yang menempatkan Gus Dur sebagai tokoh kharismatik, dan disegani. Bahkan, sejumlah kalangan menyebut, darah Gus Dur adalah darah Nahdhatul Ulama (NU). Gus Dur yang lahir di Denanyar kota Jombang, 4 Agustus 1940 ini adalah cucu dari KH. Hasyim Asyari pendiri NU dan salah satu organisasi islam yang menerima Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.
    Banyak kontroversial di berbagai kalangan dan cap buruk untuk Gus Dur semasa hidupnya. Beliau selalu tegar, sabar akan caci maki (Hinaan) tertuju padanya, sampai pernah Gus Dur dikatakan “ musrik ” maupun “kafir” saat masuk gereja padahal beliau hanya silaturohmi atau jalin persaudaraan sesamanya. Beliau cuek atau tidak menghiraukan apa kata orang karena menurut beliau orang lain tidak tau apa maksud dari Gus Dur. Keluarga besar saya adalah pengikut jama’ah Nahdiyin yang jadi panutan dalam menjalankan ajaran-ajaran ahlussunnah waljama’ah, kami merasa kehilangan sekali dengan “Guru Bangsa” yang seperti orang bilang. Karena keluarga kami sangat dekat dengan keluarga besar Gus Dur meskipun kami bukan saudara keturunan. Di malam itu pada 31 Desember 2009 pukul 02.00 seluruh keluarga besarku serentak sholat ghoib dan baca tahlil berjamaah untuk Gus Dur. Doa bersama ini dilakukan dengan khidmat dan dilakukan secara bergantian oleh beberapa perwakilan anggota forum lintas agama di kota Purwokerto, Jawa Tengah. Acara ini digelar sebagai wujud penghormatan untuk Gus Dur yang dianggap telah menciptakan revolusi, yaitu mempersatukan umat beragama di tanah air pada masa pemerintahannya.
    Panitia juga berharap kegiatan ini  bisa dijadikan contoh agar umat berbagai agama di Tanah Air selalu menjaga keharmonisan hidup beragama(liputan 6(31/12)).
    Sepeninggalnya Gus Dur ternyata bukan keluarga besar saya saja yang merasa kehilangan, melainkan jutaan warga negara Indonesia maupun manca negara menangis telah melepaskan Bapak Demokrasi. Salah satu pemimpin NU yang mampu dan berani meng- gas kehidupan dalam kepemimpinannya, jika kepemimpinan lainnya hanya bisa mengerem. Beliau tidak takut akan resiko yang akan dihadapi nanti, semua dihadapi dengan keikhlasan dan kesabaran. Teman kuliah saya di IKIP Budi Utomo Malang saja juga merasakan hal yang sama akan kehilangan beliau, padahal teman saya itu beragama Katholik. Jufri bilang” Meski saya bukan umat islam tapi saya merasakan sangat kagum dan ngerasa kehilanagan atas wafatnya Bapak Demokrasi Indonesi. Yang sangat berjasa bagi kaum kami”. Itulah ungkapan teman saya yang akrab di panggil juff. Berbagai macam tanggapan pro maupun kontra tentang kehidupan GusDur sampai kepergian beliau. Tetangga saya ada yang beranggapan cuek akan kepergian Gus Dur, menurut dia Gus Dur itu orang yang tidak penting untuk di publikasikan akan jasa-jasanya karena dia tidak suka akan sosok seorang KH. Abdurrahman Wahid ini. Bagi saya almarhum mantan Presiden Abdurrahman Wahid dikenal sebagai sosok penuh warna dan eksentrik. Bagi sebagian kalangan, bukan hanya kata-kata dan sikap Gus Dur yang tidak lepas dari ingatan. Sosok Gus Dur begitu melekat di hati masyarakat. Momen pergantian tahun yang biasanya diisi warga di sejumlah daerah dengan pesta kembang api, kali ini mereka ganti dengan doa bersama untuk mantan Presiden Republik Indonesia Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.
    Di Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (1/1), para mahasiswa mengisi momen pergantian tahun dengan tahlilan dan doa. Kegiatan yang dipusatkan di Bundaran Mandonga itu secara khusus digelar, untuk mengenang almarhum Gus Dur.
    Kegiatan serupa juga dilakukan warga Nahdhatul Ulama di Parepare, Sulawesi Selatan. Menyambut 2010, mereka lebih memilih tahlilan daripada pesta kembang api. Bagi mereka, inilah cara untuk memberi penghormatan terakhir bagi sosok yang dikaguminya itu.
    Sementara umat Hindu di Bali menggelar doa dan upacara api suci. Bagi umat Hindu, almarhum berhasil mewariskan sikap yang harus dipelihara, yakni pluralisme. Hal lain yang patut dibanggakan, menurut mereka, Gus Dur menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.(liputan6/ 01/01).

    Jawaban soal nomor 2:
    Happy New Year 2010, semua pasti serentak mengucapkannya dan merayakan tahun baru ini. Berbagai kalangan dan perayaan dilakukan dengan cara berpesta jagung bakar, ikan bakar sanpai nasi tumpeng pun jadi perayaan syukuran untuk menyambut tahun baru ini dengan penuh semangat dan harapan untuk bangsa ini terjadi pada lingkungan kampung, kampus maupun perumahan di kota malang sekitar sampai seluruh dunia. Ucapan selamat tahun baru diucapkan di berbagai media electronic (sms maupun telepon, Facebook sampai televisi maupun radio), media cetak juga tak kalah serunya untuk menyambut datangnya tahun yang baru ini dengan penuh semangat. Menyambut tahun baru 2010 ini banyak tempat pertokoan sampai penginapan penuh dengan kejutan obral harga sampai promo -promo untuk menyambut datangnya pergantian tahun. Perayaan Tahun Baru secara bergiliran dirayakan warga di berbagai belahan bumi. Di Eropa, pergantian tahun dirayakan meriah. Di Moskow, Rusia, ribuan warga merayakan melihat gemerlap kembang api di langit Alun-alun Merah.
    Sementara di Paris, Prancis, sorotan cahaya penuh warna dan kembang api menambah semarak pesta tahun baru di Menara Eifel. Di Madrid, Spanyol, perayaan dipusatkan alun-alun Puerta Del Sol. Tahun 2010 jadi istimewa karena Spanyol terpilih sebagai Presiden Uni Eropa.
    Di London, Inggris, detik-detik pergantian tahun dirayakan warga dengan berpesta di tepi Sungai Thames. Sedangkan di Berlin, Jerman, perayaan pergantian tahun juga tidak kalah meriah dengan beragam pesta kembang api.
    Sementara itu di belahan Amerika Selatan, Brasil, mengawali pergantian tahun menuju 2010. Selain pesta kembang api, warga yang berkumpul Pantai Copacabana juga dihibur dengan musik di panggung.
    Perayaan tahun baru yang meriah hingga sambut pergantian hari di hadiri berbagai kalangan sampai mereka tak perdulikan sampah.
    Seolah terlupa akan pentingya menjaga kebersihan, warga yang selesai merayakan gegap gempita tahun baru meninggalkan tumpukan sampah di mana-mana. Kertas, botol plastik, dan terompet merupakan sampah yang mendominasi.
    Ini menjadi pekerjaan yang lumayan berat bagi para petugas kebersihan. Hingga pukul 09.00 WIB, belasan truk pengangkut masih sibuk mondar-mandir membawa sampah. Padahal mereka sudah mulai bekerja sejak pukul 03.00 WIB.
    Memang, kawasan Balai kota Malang dan museun sampai mal-mal yang berada di kota Malang ini merupakan primadona bagi warga yang ingin merayakan detik-detik pergantian tahun. Tak sedikit yang membawa makanan serta minuman sebagai bagian dari perayaan. Namun akan lebih baik jika warga membuang sampah mereka di tempat semestinya. Apakah ini wujud dari sambutan perayaan pesta tanpa pedulikan lingkungan yang semestinya dijaga maupun dilestarikan. Untung saja hujan deras tak mengguyur kota Malang ini, kalau sampai terjadi hujan deras sedangkan sampah masih berserakan, apa yang akan terjadi? Banjir pastinya. Dan siapa yang bertanggung jawab atas semua ini?. Kita pastinya.
    Gambaran perayaan malam pergantian tahun di sejumlah kota di beberapa negara. Mengutip AFP, perayaan malam Tahun Baru disemarakkan dengan pesta kembang api di seluruh dunia, dengan pengamanan yang dilakukan secara ketat.
    Di London, Inggris, lebih dari 200.000 orang memadati tepian Sungai Thames, Di kota lainnya, Edinburgh, sebanyak 80.000 orang merayakannya dengan mengikuti Hogmanay, pesta tahunan jalanan, Sementara itu di Rusia, lebih dari 120.000 orang berkumpul di Moscow’s Red Square untuk bersulang merayakan pergantian tahun sampai Di Australia, sekitar 1,5 juta orang memadati Sydney Harbour, kawasan tepi pantai, untuk menyaksikan pesta kembang api yang diluncurkan dari jembatan yang menjadi ikon, Sydney Harbour Bridge, dan empat kapal tongkang yang tengah berlabuh. Mereka ingin menyaksikan kembang api pertanda tahun baru akan tiba. Demikian juga di Hongkong, perayaan Tahun Baru dimeriahkan dengan pesta kembang api. Sekitar 9.000 kembang api dilepaskan dari gedung pencakar langit tertinggi di negara itu dan gedung-gedung lainnya. Kilauan cahaya yang memancar dari ribuan kembang api itu disiarkan dan ditayangkan pada sebuah layar raksasa dan berlangsung selama 5 menit.
    Di Paris, sekitar 70.000 orang berkumpul di dekat Menara Eiffel untuk pertunjukan kembang api aneka warna. Untuk mengamankan perayaan Tahun Baru di kawasan ini, kepolisian setempat mengerahkan 8.000 personel.
    Lain halnya di Thailand, pesta kembang api dilarang di negara tersebut setelah perayaan Tahun Baru 2009 menelan korban. Tahun lalu, sebanyak 69 orang tewas setelah kebakaran yang disebabkan kembang api di sebuah klub malam di Bangkok. Itulah gambaran perayaan tahun baru di berbagai kota sampai negara seluruh dunia.
    3. contoh lead pertanyaan dari topik berita berikut ini.
    a.  Kasus Bank Century
    Kemanakah uang nasabah yang hilang tanpa ketidak jelasan dari pihak century maupun tanggepan pemerintah?
    Apakah Budiono salah satu kunci dari semua ini?
    b.  Gusdur Wafat
    Akankah ada penerus dari “Guru Bangsa” setelah Gus Dur?
    Bisakah Gus Dur menjadi pahlawan nasional dan diakui oleh seluruh elemen masyarakt Indonesia?
    c.  Tahun Baru
    Apa pantas tahun baru dirayakan secara meriah sampai tak menghiraukan sampah yang berserakan?

  15. Fenita Dwi Anne Fiana said,

    2070630310010 (Fenita Dwi Anne Fiana)

    1. K.H.ABDURRAHMAN WAHID atau lebih dikenal dengan GUSDUR menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 30 desember 2009, sehari sebelum menjelang tahun baru. Tepat sepulang dari berziarah di JOMBANG (pesantren tebuireng) kesehatan beliu menurun dratis dan beliu dilarikan ke rumah sakit terdekat sebelum dilarikan kerumah sakit jakarta karena beliu diduga salah makan yang menyebabkan gangguan dalam saluran pencernaannya.
    Dalam kesehatan yang tidak stabil beliu sempat menolak untuk diajak kerumah sakit dan beliu meminta kembali ke JOMBANG yaitu tempat asal beliu dilahirkan. Namun permintaan beliu tidak dikabulkan karena keadaan beliu yang begitu lemah dan kritis, dan akhirnya beliu dilarikan kerumah sakit Setelah sampai di rumah sakit beliu langsung ditangani oleh dokter khusus yaitu dokter kepresidenan.
    Beliu dirawat sehari dirumah sakit dan akhirnya beliau menghembuskan nafas terakhirnya tepat pada tanggal 30 desember 2009 dan beliu dimakamkan berdampingan dengan orang tua beliu yaitu di JOMBANG pada tanggal 31 desember 2009. Sebelum meninggal beliu sempat bermimpi ditemui seorang kekek tua dan sempat pula berbicara pada santrinya bahwa beliu tanggal 31 desember 2009 akan datang ke JOMBANG dan tepat tanggal 31 desember beliu datang dalam keadaan tak bernyawa/meninggal dunia. Beliu meninggalkan istri dan keempat putri tercintanya.

    2. Tepat tanggal 31 desember 2009 adalah malam tahun baru yaitu pergantian tahun 2009 ke 2010. Dimana semua masyarakat Indonesia merayakannya dengan berbagai cara dan salah satunya yaitu pesta kembang api,dimana tepat pukul 00.00 WIB kembang api dinyalahkan tepat datangnya tahun baru.
    Hujan begitu deras dan semangat warga untuk merayakan dan menyambut tahun baru sangat tinggi. Salah satunya didaerah Tulungagung tepatnya ditaman rekreasi yaitu SELECTA. Para warga begitu berantusias untuk menyambut datangnya malam Tahun baru. Bermacam-macam kesenian telah ditampilkan salah satunya adalah tari Kuda lumping.
    Meskipun hujan deras warga tetap berdatangan guna menyaksikan pesta kembang api yang akan dinyalahkan tepat pukul 00.00. Selain itu kemacetan pun terjadi baik motor maupun mobil terus berdatangan dan tepat pukul 00.00 para warga bersorak-sorak dan saling beradu meniup trompet dengan diiringi meletusnya kembang api yang berwarna- warni dan Tahun barupun semakin meriah.

    3. A. KASUS BANK CENTURY
    “Adakah cara lain untuk menyelesaikan masalah Bank Century tanpa ada campur tangan orang luar atau orang yang tidak bersangkutan?”
    B. GUSDUR
    “Adakah cara lain untuk mengenang Gusdur tanpa datang langsung ke makam beliu?”
    C.Tahun Baru
    “Adakah cara lain untuk merayakan Malam Tahun Baru tanpa diadakan pesta kembang api?”

  16. NAMA :EVI AGUSTINA said,

    JAWABAN!
    1. Baca/tonton reportase berita tentang wafatnya KH. Abdulrrahman Wahid, Kemudian tulislah dengan menggunakan bahasa anda sendiri berita pendek dari reportase tersebut minimal tiga paragraf.

    Kamis, 31 Desember 2009 Pengurus Pusat MTA berangkat ke Pesantren Tebu Ireng dalam rangka takziah dan menyampaikan belasungkawa kapada keluarga yang ditinggalkan atas wafatnya KH. Abdulrrahman Wahid keluarga Sampai saat ini MTA juga berhubungan baik dengan pimpinan Ponpes Tebu Ireng, bahkan beberapa kali memberikan tausiyah di MTA.

    Prosesi pemakaman dilakukan secara militer. Presiden SBY sebagai inspektur upacara, Suryadharma Ali dan KH Mustafa Bisri bertindak membacakan doa. Kemudian jenazah diturunkan ke liang lahat oleh Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso dibantu anggota TNI dari berbagai kesatuan. Upacara dihadiri juga oleh Wapres, Din Syamsudin, Prabowo, sejumlah menteri kabinet Indonesia Bersatu II dan tokoh pejabat lainnya dan disaksikan ribuan rakyat yang melayat.

    Ribuan rakyat yang menyaksikan prosesi pemakaman sangat mengharukan karna sosok almarhum begitu dengan rakyat kecil terutama kepada keluarganya. Wafatnya almarhum sangat memukul semua orang yang ditinggalkan tetapi itulah hidup jangan terus-terus ditangisi. Biarkan KH. Abdulrrahman Wajid tenang disisinya. Selamat jalan Bapak KH. Abdulrrahman Wahid.

    2.

  17. EVI AGUSTINA said,

    Kamis, 31 Desember 2009 Pengurus Pusat MTA berangkat ke Pesantren Tebu Ireng dalam rangka takziah dan menyampaikan belasungkawa kapada keluarga yang ditinggalkan atas wafatnya KH. Abdulrrahman Wahid keluarga Sampai saat ini MTA juga berhubungan baik dengan pimpinan Ponpes Tebu Ireng, bahkan beberapa kali memberikan tausiyah di MTA.

    Prosesi pemakaman dilakukan secara militer. Presiden SBY sebagai inspektur upacara, Suryadharma Ali dan KH Mustafa Bisri bertindak membacakan doa. Kemudian jenazah diturunkan ke liang lahat oleh Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso dibantu anggota TNI dari berbagai kesatuan. Upacara dihadiri juga oleh Wapres, Din Syamsudin, Prabowo, sejumlah menteri kabinet Indonesia Bersatu II dan tokoh pejabat lainnya dan disaksikan ribuan rakyat yang melayat.

  18. Fenita Dwi Anne Fiana said,

    1. KH.Abdurraman Wahid meninggal pada tanggal 30 Desember 2009 tepat menjelang pergantian Tahun 2010. sebelum meninggal beliu sempat berziarah ke jombang di pesantren Tebuireng dimana tempat tersebut adalah tempat asli kelahiran beliu.
    Sepulang berziarah beliu jatuh sakit dan dilarikan kerumah sakit terdekat,dan diduga beliu salah makan dan gangguan pencernaannya terganggu. Dalam perjalanan kerumah sakit beliu sempat meminta kembali ke jombang karena beliu merasa kesehatannya sudah pulih,namun tim dokter menyuruh beliu untuk dibawa ke jakarta karena keadaan beliu semakin memburuk.setalah sampai dirumah sakit beliu langsung ditangani oleh dokter kepresidenan.
    Beliu sempat dirawat sehari dan sebelum akhirnya beliu menghembuskan nafas terakhirnya dalam usia 69. Beliu dimakamkan di Jombang pada tanggal 31 Desember 2009.Saat beliu mau disholatkan banyak orang yang berdatangan untuk ikut menyolati dan akhirnya beliu disholati secara begantian. Sampai pada tanggal 02 Januari 2010 diJombang masih banyak orang yang berdatangan untuk berziarah hingga menyebabkan kemacetan.
    2. Tepat pada tanggal 31 Desember 2009 adalah malam menjelang Tahun baru. Dimana seluruh dunia merayakannya dan salah satunya di desa Tulungagung. Tepatnya ditaman rekreasi yaitu taman rekreasi SELECTA.
    Meskipun hujan deras semangat warga untuk merayakan dan menyambut datangnya Tahun Baru sangatlah tinggi. seluruh warga berantusias untuk menyiapkan diri guna menyambut malam Tahun Baru,bermacam-macam kesenian telah ditampilkan salah satunya adalah tarian Kuda Lumping.
    Meskipun hujan deras warga tetap berdatangan guna menyaksikan pesta kembang api yang akan dinyalahkan tepat pukul 00.00 wib. selain itu kemacetanpun terjadi, baik motor maupun mobil terus berdatangan dan tepat pukul 00.00 wib para warga bersorak-sorak, dan saling beradu tiup trompet dengan diiringi meletusnya kembang api dengan berbagai warna dan malam Tahun Barupun semakin meriah.
    3. A. Kasus Bank Century
    “Adakah cara lain untuk menyelesaikan masalah Bank Century tanpa ada campur tangan orang luar atau orang yang tidak bersangkutan?”
    B. Gusdur Wafat
    “Adakah cara lain untuk mengenang Gusdur selain tanpa dantang berziarah ke makam beliu?”
    C. Tahun Baru
    “Adakah cara lain untuk merayakan malam Tahun Baru tanpa diadakan pesta kembang api?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: